Tips

Tips Menggunakan YouTube Ads Untuk Memasarkan Bisnis Anda

YouTube Ads

Tahukah Anda, ternyata hingga saat ini YouTube masih dipercaya sebagai platform yang digemari dan banyak diakses oleh masyarakat. Menurut laporan dari We Are Social dan Hootsuite yang dirangkum oleh katadata.co.id, YouTube menempati peringkat kedua dengan jumlah pengguna aktif terbanyak setelah Facebook. 

Pada bulan Oktober 2022 lalu, tercatat jumlah pengguna aktif YouTube berada di angka 2,51 miliar. 

YouTube Ads

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Youtube dianggap potensial bagi para pemilik brand untuk menjangkau target market mereka melalui iklan YouTube.

Tak hanya itu, beriklan melalui YouTube juga dipercaya memiliki beberapa keuntungan yang akan membuat bisnis Anda semakin mendatangkan cuan. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya sampai akhir!

Kelebihan YouTube Ads  

Selain potensial, YouTube Ads juga memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Iklan Tertarget dan Relevan

Saat menggunakan YouTube Ads, Anda dapat mengatur iklan dengan kata kunci tertentu dan menentukan demografi Anda sendiri. Misalnya, Anda menentukan target audience bisnis Anda adalah wanita yang berumur 20 tahun ke atas. Maka, nantinya iklan tersebut akan muncul pada penonton yang menjadi target iklan tersebut.

  • Jangkauan Luas

Mengingat banyaknya orang yang menggunakan YouTube saat ini, tentunya membuat platform tersebut mampu menjangkau hingga jutaan audience. Tak hanya wilayah lokal, bahkan YouTube juga bisa menjangkau hingga wilayah global.

  • Dapat Melakukan Kampanye

YouTube Ads merupakan platform yang sangat cocok untuk menyelenggarakan kampanye dengan durasi video yang pendek. Hal ini dikarenakan jangkauannya yang sangat luas, sehingga berpotensi mendatangkan banyak audience baru melalui kampanye-kampanye yang dibuat.

  • Menambah Omzet penjualan

Sepertinya, poin ini merupakan tujuan yang paling ingin dicapai oleh setiap brand, yaitu penjualan meningkat dari sebelumnya. Penjualan yang meningkat, tentunya akan membuat pendapatan dan keuntungan juga ikut bertambah. Pasti Anda juga menginginkan hasil yang seperti itu, bukan?

  • Insight Terukur

Dengan adanya fitur analytics yang disediakan oleh Google, Anda bisa tahu apakah kampanye yang dilakukan sudah sesuai target atau belum. Dari data tersebut, Anda bisa meraih insight dan menarik kesimpulan yang tepat untuk dijadikan evaluasi pada kampanye berikutnya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan YouTube sebagai salah satu channel marketing Anda, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Penasaran, bukan? Berikut ulasannya. 

Tentukan Objective Dalam Beriklan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan beriklan melalui YouTube adalah memastikan tujuan dan objective iklan yang akan dipakai. Apakah untuk menjangkau calon pelanggan sebanyak-banyaknya, meningkatkan brand awareness, meningkatkan tontonan video, mengumpulkan leads, atau tujuan lainnya.

Memilih objective yang tepat, akan membantu Anda dalam menyelesaikan beberapa hal. Diantaranya seperti target audience yang sesuai, konten yang relevan, serta kinerja iklan yang terukur.

Ketahui Jenis Iklan YouTube Yang Akan Dijalankan

Ada beberapa jenis iklan YouTube yang dapat Anda pilih. Mungkin jenis iklan berikut cukup familiar bagi Anda, karena Anda pasti sering melihatnya ketika sedang memutar video di YouTube. Jenis-jenisnya antara lain:

  • Skippable In-Stream Ads

Iklan skippable in-streaming merupakan tipe iklan yang paling sering dijadikan pilihan oleh banyak orang. Tipe ini merupakan iklan yang dapat penonton skip di tengah penayangannya. 

Durasi minimal dari iklan Skippable in-stream adalah 12 detik, dan maksimal 3 menit. Pada detik ke 5, nantinya akan terdapat tombol skip yang dapat Anda klik.

Yang perlu diingat ketika akan menggunakan iklan tipe ini, Anda harus memaksimalkan kualitas iklan  dan mengemasnya dengan semenarik mungkin. 

  • Non-Skippable Ads

Sesuai dengan namanya, tipe non-skippable Ads artinya adalah iklan yang tidak dapat di skip oleh penonton, bahkan setelah beberapa detik penayangan. Maka dari itu, iklan tersebut akan ditayangkan secara full dan informasinya dapat tersampaikan dengan lebih baik.

Yang menjadi tantangan di sini, Anda dituntut mencari cara agar bisa membuat iklan se-attractive mungkin. Tujuannya, agar penonton benar-benar memperhatikan iklan produk Anda, dan nantinya Anda bisa mendapatkan loyalitas dari konsumen.

Non-skippable Ads sendiri, dibagi menjadi beberapa tipe lagi. Pertama, pre-roll Ads, iklan ini berdurasi antara 15-20 detik yang  biasanya ditampilkan tanda hijau. 

Kedua ada mid-roll Ads, merupakan iklan yang tampil pada pertengahan video dan berdurasi 15-20 detik. Terakhir adalah tipe bumper Ads. Iklan tersebut memiliki durasi cenderung lebih pendek dari dua tipe sebelumnya dan bisa muncul di awal, tengah, serta akhir video.

  • Discovery Ads

Iklan ini bukanlah iklan yang akan ditampilkan ketika video diputar atau semacamnya. Namun, mereka akan menampilkannya melalui hasil penelusuran YouTube, homepage YouTube, dan halaman terkait. 

Penting bagi Anda untuk membuat agar iklan bisa menempati posisi teratas,  caranya yaitu dengan memaksimalkan SEO video YouTube Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa algoritma antara YouTube dan website itu berbeda, terutama untuk menentukan mana yang cocok berada di halaman pertama.

Maka dari itu, Anda juga perlu mempelajari lebih lanjut mengenai algoritma tersebut.

  • Non-Video Ads

Ternyata, layanan iklan yang disediakan YouTube memiliki bentuk yang bermacam-macam lho. Bahkan iklan tanpa video juga tersedia pada platform tersebut. Contohnya iklan berbentuk teks, gambar, dan kartu pada berbagai macam video YouTube yang tersedia. 

Iklan tipe non-video sendiri, terbagi menjadi 3 bentuk, yaitu sponsored card Ads, overlay Ads, dan display Ads. 

Sponsored card Ads merupakan iklan dengan bentuk kartu atau gambar yang muncul ketika Anda menekan ikon “i” di pojok kanan atas video. Berikutnya, overlay Ads adalah iklan yang berbentuk teks dan berada dalam kotak semi transparan. Dan yang terakhir, display Ads merupakan iklan yang tampilannya berupa gambar.

Siapkan Biaya Iklan

Setelah Anda menentukan akan beriklan dengan objective apa, selanjutnya hitung estimasi biaya iklan yang perlu disiapkan. Ini bertujuan agar Anda dapat menjalankan kampanye iklan yang efektif, tanpa kewalahan dengan dana yang akan dikeluarkan. 

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyiapkan biaya iklan, antara lain sebagai berikut:

  • Anggaran

Sebelum memilih iklan, pastikan bahwa anggaran yang Anda miliki cukup untuk menjalankan kampanye tersebut.

  • Bid

Tentukan berapa banyak biaya yang siap Anda keluarkan untuk membayar iklan, apakah biaya per klik atau per tampilan.

  • Target Audience

Selanjutnya, tentukan berapa banyak Anda bersedia untuk membayar agar bisa mencapai audience yang ditargetkan.

  • Durasi Iklan

Hal penting lain yang tak boleh Anda lewatkan adalah mengatur berapa lama durasi iklan yang ingin Anda tampilkan. Nantinya, ini juga akan berkaitan dengan panjang durasi konten yang akan dibuat.

  • Return Of Investment (ROI)

Pastikan bahwa biaya iklan Anda dapat dikembalikan dalam bentuk penjualan atau lead yang dihasilkan.

Membuat Konten Iklan Yang Sesuai

Dalam membuat konten iklan, Anda harus merancangnya agar terlihat powerfull dan menarik di mata calon konsumen. Apabila Anda menjalankan skippable Ads, sampaikan pesan/penawaran utama bisnis Anda pada detik-detik awal video iklan. Ini bertujuan agar pesan Anda tersampaikan sebelum penonton melewati iklan yang sedang tayang.

Apabila dalam proses pembuatan konten iklan Anda mengalami kendala, menyerahkan tugas tersebut kepada jasa content creation rasanya merupakan keputusan yang tepat. Tak perlu ribet cari ide, masalah perkontenan Anda akan beres dalam waktu yang cukup singkat. 

Simple, bukan?

Setelah membaca artikel ini, Anda paham alasan kenapa YouTube Ads sangat penting bagi pemasaran brand, bukan? Apalagi, jika target market yang Anda sasar adalah golongan anak muda milenial yang memiliki banyak waktu untuk menonton video. Iklan YouTube tentu akan sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak audience baru serta meningkatkan brand awareness terhadap bisnis Anda.

Nah, salah satu alternatif yang bisa Anda pilih ketika tertarik menggunakan YouTube Ads adalah dengan menggunakan jasa dari digital marketing agency.  Di Herco Digital sendiri, sudah menyediakan layanan iklan YouTube yang dapat membantu Anda meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

Jasa YouTube Ads dari Herco Digital, telah terbukti mampu membantu menyukseskan dan meningkatkan kualitas dari berbagai program klien. Diantaranya adalah program instansi seperti BKKBN Jawa Timur serta peningkatan eksistensi brand seperti HUFA.

YouTube Ads

Bagaimana, tertarik mencoba?

Jangan ragu menghubungi Herco Digital, karena Kami akan membantu Anda dalam pembuatan konten sekaligus pemasangan iklan YouTube terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *