Tips

Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Hotel & Pariwisata

Digital Marketing untuk Bisnis Hotel

Sadarkah Anda bahwa sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru 2023? Akhir tahun seperti ini biasanya dimanfaatkan orang-orang untuk berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan.

Maka dari itu, tak heran jika destinasi wisata sekarang dikabarkan sedang dipadati penduduk. Bahkan dilansir dari Kompas.com, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan bahwa rata-rata kunjungan wisata akan meningkat 2 hingga 3 kali lipat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Tidak hanya pengunjung domestik, jumlah wisatawan mancanegara juga turut merangkak naik di puncak tahun baru seperti data dari laman Statistik Sektoral DKI Jakarta berikut.

Digital Marketing untuk Bisnis Hotel

Melihat grafik di atas, dapat disimpulkan bahwa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis khususnya bagi sektor pariwisata, tour & travel, hotel maupun resort. 

Untuk meningkatkan kualitas bisnis demi meningkatkan penghasilan, menerapkan digital marketing adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Mengapa? Karena kita harus menggunakan strategi marketing yang relate dengan zaman sekarang dimana semuanya telah mengalami digitalisasi.

Lantas apa aja sih jenis digital marketing untuk bisnis hotel maupun pariwisata yang patut dicoba?

Membuat Website

Sebelum berlibur, tak jarang orang akan melakukan riset terlebih dahulu tentang lokasi tersebut. Mulai dari tempat wisata, hotel hingga resto. Maka dari itu, sebuah bisnis sebaiknya memiliki website tersendiri yang memuat berbagai informasi penting di dalamnya. 

Informasi yang dimaksud, antara lain:

  1. Sarana dan prasarana
  2. Alamat, jika memungkinkan lengkapi dengan fitur Google Maps di dalamnya
  3. Contact Person
  4. Galeri atau kumpulan foto lokasi
  5. Harga dan promo yang menarik
  6. Testimoni pelanggan

Selain menyajikan informasi yang lengkap, pastikan pula tampilan website nyaman dan menarik untuk dipandang ya! Untuk hal ini mungkin Anda bisa meminta bantuan kepada jasa pembuatan website yang berpengalaman.

SEO

Strategi digital marketing untuk bisnis pariwisata selanjutnya adalah SEO atau Search Engine Optimization. Fungsi SEO ini adalah meningkatkan ranking website di mesin pencarian seperti Google. 

Cara ini sangat efektif digunakan karena website akan mudah ditemukan oleh target market yang telah ditentukan. Namun, untuk menjalankan strategi ini ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yakni:

  1. Struktur konten yang baik
  2. Artikel yang relevan dengan kebutuhan market
  3. Menentukan kata kunci yang tepat
  4. Segmentasi halaman
  5. Pemilihan domain
  6. Tingkat kecepatan website

Bagi yang berminat melakukan strategi marketing ini, Anda bisa menemukan berbagai penyedia jasa SEO di internet. Akan tetapi, jangan lupa memastikan kualitas dan kredibilitasnya ya!

Google Ads

Strategi ini adalah pilihan yang tepat jika Anda berencana mengiklankan bisnis pariwisata secara online. Sebenarnya Google Ads ini cara kerjanya hampir mirip dengan SEO.

Bedanya jika SEO memerlukan waktu optimasi yang cukup lama sedangkan Google Ads berjalan secara instan sesuai dengan budget iklan yang dikeluarkan dan biaya per klik yang dipasang.

Dana yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa iklan google juga lebih besar. Hal ini tentunya sepadan dengan kemampuan Google Ads dalam menampilkan website di halaman teratas mesin pencari dalam waktu yang singkat.

Google Business Profile

Business Profile, Digital Marketing untuk Bisnis Hotel

 

Fitur dari Google yang satu ini dinilai sangat efektif dalam meningkatkan kepercayaan calon pengunjung terhadap bisnis Anda.

Mengapa demikian? 

Karena Google Business Profile dilengkapi dengan fitur penilaian dan review yang memudahkan pelanggan menilai sebuah bisnis.

Untuk meningkatkan penilaian dan mengumpulkan testimoni positif, Google Business tentunya harus di manage dengan baik dengan melengkapi segala fitur dan informasi yang ada.

Youtube Ads

Youtube merupakan search engine terbesar kedua setelah Google dengan pengguna aktif sebanyak 1,9 miliar di seluruh dunia. Bahkan menurut hasil riset Hootsuite dan We Are Social pada tahun 2021, Youtube berhasil menduduki peringkat pertama untuk kategori sosial media terpopuler dengan persentase 88% pengguna.

Angka tersebut tentunya sangat menjanjikan untuk menjadikannya sebagai platform marketing. Maka dari itu, Youtube Ads menjadi salah satu cara memasarkan bisnis hotel secara online yang dapat Anda coba.

Dengan menggunakan Youtube Ads, Anda akan dengan mudah menjangkau calon pelanggan dari berbagai daerah bahkan negara. 

TikTok Management & Ads

Bagi destinasi wisata yang menargetkan masyarakat dengan usia muda sangat disarankan untuk menjalankan Tiktok Ads. Pasalnya berdasarkan laporan Business of Apps, pengguna Tiktok dunia didominasi oleh kelompok usia 20-29 tahun dengan persentase sebesar 35%. Disusul dengan usia 10-19 tahun dengan proporsi 28% secara global.

Jadi gimana, jenis digital marketing untuk bisnis pariwisata ini sangat menarik untuk dicoba bukan?

Instagram/Facebook Management & Ads

Sama halnya dengan TikTok, Instagram dan Youtube juga menyediakan fasilitas bagi para marketer yang ingin mempromosikan sebuah produk. Hanya saja Facebook mungkin lebih cocok untuk target market dengan usia yang lebih berumur.

Perlu diketahui pula, diperlukan konten untuk social media hotel atau resort yang berkualitas. Konten yang ada haruslah menarik, informatif dan tentunya cocok dengan audiens.

Meski terdengar ribet dan membuat kepala pusing, nyatanya untuk memanfaatkan channel marketing ini sangatlah mudah berkat adanya jasa kelola Instagram maupun jasa iklan Facebook.

KOL Management/Endorsement

Cara memasarkan bisnis pariwisata secara online yang terakhir datang dari KOL Management atau nama kerennya adalah Endorsement. Penggunaan influencer sebagai salah satu strategi pemasaran memang sedang booming belakangan ini.

Nantinya, influencer akan membantu memberikan review dan mempromosikan hotel atau tempat wisata. Dengan begitu, audiens akan lebih yakin ketika akan berkunjung ke lokasi karena adanya review yang nyata.

Hal ini dapat mengusir berbagai keraguan yang ada di benak calon pengunjung. Pasalnya, kebanyakan orang akan mencari akun-akun serupa untuk melihat lokasi wisata ataupun hotel secara jelas.

Itulah jenis-jenis digital marketing untuk bisnis hotel dan pariwisata yang wajib Anda pertimbangkan. Selain menerapkan berbagai macam marketing yang variatif, menggandeng digital agency juga merupakan cara cerdas dalam mengembangkan bisnis.

Mengapa begitu?

Karena dengan berjalan bersama ahlinya, segala permasalahan yang ada dapat diatasi dengan baik dan tepat. Digital agency seperti Herco Digital juga dapat memberikan Anda insight baru dan strategi marketing yang variatif.

Dengan pengalamannya dalam menangani berbagai brand ternama, membuat Herco Digital tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. 

Yuk, melangkah bersama Herco Digital untuk ciptakan bisnis impian Anda!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *