Tips

Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran & Cafe

digital marketing untuk bisnis cafe

Tahukah Anda bahwa bisnis kuliner, restoran, hingga cafe, dinilai tidak akan ada matinya sampai kapan pun? Apalagi pada momen-momen tertentu, bisnis tersebut justru semakin ramai, contohnya saat akhir tahun. Pada momen ini, sektor pariwisata sedang padat pengunjung, dan orang-orang yang melakukan liburan pasti juga melakukan kulineran. 

Sehingga pada saat itulah terbuka kesempatan untuk menunjukkan daya tarik bisnis restoran atau cafe Anda melalui berbagai promosi yang ada. Untuk mengikuti arus digitalisasi, menerapkan strategi digital marketing saat ini dinilai efektif meningkatkan kualitas bisnis dan mampu meningkatkan jumlah penjualan.

Mengapa demikian?

Karena saat ini hampir semua orang sudah merambah ke dunia online, tak terkecuali target market Anda. Bisa dipastikan, sebagian besar dari mereka berada di berbagai platform sosial media dan internet. Sebelum memutuskan untuk mengunjungi atau makan di suatu tempat, mereka akan riset online dulu melalui sosial media hingga Google. Maka dari itu, strategi digital marketing tentunya akan sangat cocok jika diterapkan pada bisnis yang Anda jalankan apapun sektor usahanya.

Lantas, apa saja jenis digital marketing yang direkomendasikan untuk bisnis restoran maupun cafe? Berikut Penjelasannya!

Optimasi Facebook & Instagram

Jika memperluas jangkauan audiens adalah prioritas Anda, maka jangan pernah melewatkan optimasi dua platform ini. Pasalnya, Instagram dan Facebook juga menyediakan fasilitas bagi para marketer yang ingin mempromosikan bisnis mereka. Hanya saja, Facebook kemungkinan akan lebih cocok untuk target market yang lebih berumur.

Maka dari itu, konten yang Anda sajikan pada platform tersebut haruslah menarik, informatif, dan cocok dengan para audiens. Jika Anda merasa hal tersebut sulit untuk dilakukan, Anda bisa memanfaatkan jasa kelola Instagram dan jasa iklan Facebook untuk mengoptimalkan konten dan iklan sosial media bisnis Anda. 

YouTube Ads

Iklan YouTube atau dikenal juga dengan sebutan YouTube Ads, bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk digital marketing. Apalagi mengingat bahwa YouTube merupakan search engine terbesar kedua setelah Google yang memiliki jumlah pengguna aktif hampir sebanyak 2 miliar. 

Jika Anda mampu mengoptimalkan iklan di YouTube, tentu saja hasilnya akan semakin sukses dan bisa mendatangkan lebih banyak cuan. Dengan menggunakan YouTube Ads, Anda bisa dengan mudah menjangkau target market Anda dari berbagai daerah bahkan negara.

Itulah alasan mengapa YouTube Ads dirasa cocok untuk dipilih sebagai strategi digital marketing bisnis restoran maupun cafe.

Optimasi TikTok

Kebanyakan generasi muda saat ini, menyukai kumpul bersama teman-teman di cafe atau restoran. Munculnya orientasi kehidupan work life balance, membuat mereka mengejar solidaritas serta kebahagiaan bersama dengan cara ‘nongkrong bareng’. Dengan adanya fenomena tersebut, rasanya optimasi TikTok akan sangat cocok jika Anda terapkan pada bisnis restoran maupun cafe.

Apalagi berdasarkan demografi, mayoritas pengguna aplikasi TikTok didominasi oleh kalangan generasi muda di bawah usia 30 tahun. Cukup menarik bukan?

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan KOL Management atau Endorsement untuk menunjang promosi bisnis tersebut. Bekerja sama dengan influencer untuk memberikan review dan mempromosikan restoran atau cafe pun bisa Anda coba. Ini dilakukan agar audiens lebih yakin ketika akan mengunjungi lokasi karena terdapat review nyata dan terpercaya.

Anda juga bisa meraih kepercayaan audiens dengan mengikuti event promotor seperti kulinerSemarang jika ada.

Google Business Profile Management

Fitur Google yang satu ini, dipercaya efektif untuk membangun awareness calon pengunjung terhadap bisnis Anda. Alasannya karena calon pengunjung restoran dan cafe, bisa dengan mudah melihat penilaian, review, serta informasi terkait bisnis yang Anda jalankan.

Dengan Google Business Profile, kita dapat memikat calon pelanggan dalam jumlah besar melalui informasi-informasi bisnis yang kita berikan. Tak hanya itu, bisnis restoran dan cafe Anda juga akan sangat mudah ditemukan di pencarian Google dan Google Maps.

Nah, untuk membentuk kepercayaan calon pengunjung, Anda bisa meningkatkan penilaian serta mengumpulkan testimoni positif dari para pelanggan sebelumnya. Namun perlu Anda ingat, Google Business Profile tentunya harus dikelola dengan baik dengan melengkapi segala fitur dan informasi yang ada.

Google Ads

Jika Anda ingin melakukan promosi bisnis secara online, strategi Google Ads merupakan salah satu pilihan yang harus dicoba. Alasannya karena Google Ads berperan penting dalam membantu meningkatkan traffic online, traffic web, serta brand awareness suatu brand.

Dalam optimasi Google Ads, hal yang harus Anda lakukan adalah memilih penggunaan keyword yang tepat. Hal ini dikarenakan Google akan menampilkan iklan, sesuai dengan keyword yang dicari oleh pengguna.  

Maka dari itu, keyword yang harus Anda pilih yaitu yang paling sering digunakan dan relevan dengan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan keyword optimasi seperti “resto terenak di Semarang” atau “cafe murah di Semarang”, sehingga saat pengguna mencari keyword yang berkaitan, iklan bisnis Anda akan muncul.

Nah, itulah macam-macam jenis strategi digital marketing untuk bisnis restoran dan cafe yang wajib Anda coba.  Selain menerapkan strategi digital marketing di atas, bekerjasama dengan digital agency seperti Herco Digital adalah opsi terbaik yang patut Anda coba. 

Kenapa begitu?

Karena dengan bekerja sama dan mempercayakan bisnis kepada ahlinya, akan memudahkan Anda dalam meraih goals yang Anda impikan. Tunggu apalagi? Bersama Herco Digital, bisnis impian Anda kini bisa jadi kenyataan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *