Tips

Tips Mengelola Toko Online di Marketplace Supaya Mampu Bersaing dengan Kompetitor

tips mengelola marketplace, Tips Mengelola Toko Online di Marketplace Supaya Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Saat ini, marketplace menjadi platform belanja online yang banyak dipilih oleh target market. Hal ini dapat dilihat dari data di bawah yang menunjukkan jumlah kunjungan marketplace sangat fantastis bahkan mencapai 150jt per bulannya.

Data Pengguna MarketplaceTak hanya marketplace, TikTok Shop juga menjadi primadona sebagai social commerce. Survei Populix yang menyatakan pengguna TikTok Shop mencapai 46% dari total responden.

Data Pengguna Social Commerce

Namun, kelemahan dari berjualan di marketplace atau TikTok adalah persaingan dengan kompetitor yang cukup ketat. Ada banyak toko online yang menjual produk yang sama, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengelola toko online Anda.

Lantas bagaimana caranya? Berikut kami sajikan 7 tips mengelola marketplace yang bisa Anda coba. Simak baik-baik ya!

Tips Mengelola Toko Online di Marketplace Maupun TikTok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda perlu paham bagaimana caranya agar toko online yang dikelola sukses memikat hati para calon pembeli. Nah, kiat-kiat di bawah akan membantu Anda dalam mewujudkan hal tersebut.

• Menggunakan Title Produk Yang SEO Friendly

Dengan menerapkan SEO untuk marketplace, produk Anda akan lebih mudah dijangkau dan sesuai dengan target market. Anda bisa menciptakan judul produk dengan padanan kata kunci yang akrab dengan produk tersebut.

Contohnya, jika Anda memiliki sebuah usaha baju anak-anak, alangkah baiknya gunakan kombinasi kata-kata seperti baju anak, kaos anak keren, ataupun baju balita sebagai title produk.

Cara menentukan judul produk di marketplace lainnya adalah dengan menyelipkan nama brand Anda setelah kata kunci. Fungsinya adalah untuk meningkatkan brand awareness sehingga semakin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.

• Menggunakan Teknik Psikologi Harga

Bayangkan ketika Anda dihadapkan dengan dua pilihan produk yang sama dengan rincian sebagai berikut:

  • Produk A, seharga Rp 100.000
  • Produk A, seharga Rp 200.000 ditambah diskon 50%

Tentu lebih menarik opsi yang kedua bukan? Manusia cenderung akan lebih memperhatikan produk yang menawarkan potongan harga dalam jumlah besar meski harga akhirnya sama. Maka dari itu, Anda wajib menerapkan teknik yang satu ini.

Selain memanfaatkan psikologi manusia, Anda tentunya harus melakukan riset harga kompetitor sebelum menentukan harga jual. Hal ini terbukti efektif sebagai cara menentukan harga produk yang baik di marketplace.

Anda juga perlu mempertimbangkan komponen lainnya seperti ongkos kirim, biaya kemasan dan sebagainya dengan teliti agar terhindar dari kerugian.

• Gunakan Copywriting / Deskripsi Produk Informatif

Tips mengelola marketplace selanjutnya adalah menggunakan copywriting yang menarik dan deskripsi produk yang informatif. 

Untuk copywriting sendiri, ada banyak formula yang bisa Anda gunakan seperti AIDA (Attention, Interest, Desire and Action). Tujuan menerapkan copywriting ini adalah agar produk Anda terlihat stand out sehingga berhasil mencuri perhatian pengunjung.

Pastikan pula, Anda membuat deskripsi produk yang baik di marketplace dengan mencantumkan informasi yang detail seperti size, kandungan produk hingga variasi warna.

• Berikan Respon Time Yang Cepat Terhadap Customer

Perlu diketahui, pelanggan pasti mendambakan adanya instant gratification yaitu mereka ingin mendapatkan sesuatu secara mudah dan praktis. 

Untuk itu, usahakan Anda memberikan respon terkait pertanyaan atau komplain dari pembeli dengan cepat dan solutif. Hal ini juga akan meningkatkan performa toko online Anda di mata pembeli maupun pihak marketplace.

• Kelola Tampilan Visual Toko & Katalog Produk

Tahukah Anda, desain atau tampilan visual produk sangat mempengaruhi keputusan para calon pembeli.

Mengapa demikian?

Dilansir dari Detik.com, sebuah survei dari laman Salsify mengungkapkan bahwa 60% calon pelanggan di Amerika Serikat perlu melihat 3 hingga 4 foto sebelum membeli sebuah produk. 

Tak hanya itu, mereka juga menyebutkan 22% pelanggan melakukan retur atau pengembalian produk hanya karena produk yang diterima dianggap tidak sesuai dengan foto yang ada.

Nah melihat permasalahan di atas, katalog dan foto produk merupakan salah satu kunci utama untuk mengembangkan bisnis. Jadi, pastikan foto yang diunggah terlihat jelas sehingga calon pembeli tidak ragu berbelanja di toko online Anda.

Untuk cara menambahkan katalog produk di marketplace sendiri, Anda bisa mencarinya di berbagai platform seperti Google atau YouTube.

• Adakan Promo-promo

Mengadakan promo juga menjadi salah satu tips mengelola marketplace yang patut Anda coba. Adakan promo di berbagai sosial media brand maupun ikut memeriahkan promo yang hadir dari pihak marketplace. 

Anda bisa memanfaatkan hari-hari spesial seperti hari kelahiran brand atau hari nasional seperti hari ibu, tahun baru dan lain-lain.

• Promosikan Toko di Marketplace Melalui Iklan

Tips mengelola marketplace selanjutnya adalah dengan melakukan iklan kolaboratif marketplace. Dengan begini, produk Anda akan dipasarkan dengan tepat sesuai segmen pasar sehingga sangat efektif untuk meningkatkan kunjungan toko online Anda.

Dengan mengikuti tips mengelola marketplace di atas, Anda akan dapat mengelola toko online Anda dengan lebih baik dan membuat toko lebih menonjol dibandingkan kompetitor. 

Dan jangan lupa untuk selalu memperbarui produk dan strategi Anda sesuai dengan perkembangan pasar dan tren e-commerce saat ini. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa kelola marketplace dari Herco Digital.

Karena bersama kami, toko online Anda akan dibantu dalam mengembangkan bisnis secara maksimal dengan strategi yang paling tepat!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *