Tips

Rekomendasi Digital Marketing yang Efektif Saat Ramadhan

digital marketing ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan momen yang penuh berkah dan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan ini, banyak perusahaan yang ingin memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Namun, sebelum meluncurkan strategi digital marketing pada saat Ramadhan, ada baiknya bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa insight yang Kami berikan. Meskipun bisnis atau jasa Anda tidak berkaitan dengan kebutuhan selama bulan puasa, Anda tetap bisa mengemasnya sesuai dengan tema Ramadhan.

Lalu, apa saja strategi digital marketing yang ampuh dan cocok untuk dijalankan selama bulan Ramadhan? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menentukan Jenis Kampanye Digital Marketing

Menjalankan kampanye digital marketing selama bulan Ramadhan, memerlukan perencanaan yang matang. Untuk menentukan kampanye yang paling efektif untuk bisnis Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Memahami Nilai dan Budaya Ramadhan

Sebelum mengadakan kampanye digital marketing selama Ramadhan, penting untuk memahami nilai dan budaya yang dianut pada bulan ini. Ramadhan merupakan bulan dimana umat Islam berpuasa dan beribadah dengan lebih intensif.

Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan sensitivitas keagamaan dan aspek sosial yang mungkin berhubungan dengan kampanye bisnis mereka.

  • Menyesuaikan Pesan dengan Spirit Ramadhan

Mempromosikan produk atau layanan selama Ramadhan bukanlah tugas yang mudah. Namun, dengan menyesuaikan antara pesan dan spirit Ramadhan, perusahaan dapat menarik perhatian konsumen melalui cara yang lebih relevan dan menyentuh.

Membuat kampanye yang fokus pada nilai-nilai seperti keramahan, kebaikan, dan kepedulian, dipercaya dapat memberikan efek positif kepada audiens.

  • Membuat Konten yang Menarik

Tahukah Anda, konten yang menarik adalah kunci sukses dalam kampanye digital marketing. Maka dari itu, perusahaan dapat membuat konten yang relevan dengan tema Ramadhan, seperti tutorial memasak, tips puasa, atau kisah inspiratif.

Dengan adanya konten yang menarik, tentunya dapat memicu keterlibatan audiens pada bisnis Anda. Sehingga, mampu meningkatkan kesadaran merek dan memperkuat hubungan antara perusahaan dengan konsumen.

  • Mengadakan Program Khusus Ramadhan

Selain membuat konten menarik, perusahaan juga bisa mengadakan program khusus yang berjalan selama bulan Ramadhan. Program-program tersebut bisa berupa kuis, giveaway, atau diskon khusus yang hanya berlaku selama bulan tersebut.

Dengan begitu, program ini dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan bisnis atau jasa selama bulan Ramadhan.

Perlu  Anda ketahui bahwa kampanye Ramadhan tidak hanya dilihat dari segi konten saja, melainkan platform digital marketing yang digunakan juga harus tepat. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda mudah dijangkau, sehingga mampu menimbulkan awareness dari audiens.

Lalu, platform apa saja yang paling direkomendasikan untuk menjalankan kampanye tersebut?

Berdasarkan data dan insight dari Google, Meta, serta TikTok, platform berikut cocok digunakan untuk menjalankan kampanye selama bulan Ramadhan.

Rekomendasi Platform Digital Marketing 

Pemilihan platform yang tepat, memiliki peran penting dalam kesuksesan digital marketing. Beberapa rekomendasi platform yang paling efektif untuk bisnis Anda, antara lain:

  • YouTube Ads

Berdasarkan data dari Google, konsumsi konten video di YouTube mengalami peningkatan selama bulan Ramadhan. Pada tahun 2021, penonton di seluruh dunia menonton lebih dari 100 juta jam video yang berkaitan dengan Ramadhan di platform tersebut.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa video iklan di YouTube dapat meningkatkan kesadaran merek dan niat pembelian selama Ramadhan. Maka dari itu, menggunakan kampanye video selama Ramadhan dipercaya dapat memberikan hasil yang lebih baik, dibandingkan dengan kampanye video iklan pada bulan-bulan lainnya.

  • TikTok Ads

TikTok merupakan salah satu platform yang semakin populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda.

Berdasarkan data dari TikTok, pada bulan Ramadhan tahun 2021, terdapat peningkatan 26% dalam penayangan video yang berkaitan dengan Ramadhan. Selain tayangan video, juga terjadi kenaikan 44% dalam jumlah penggunaan suara atau audio yang berkaitan dengan bulan tersebut.

Tak hanya itu, waktu yang dihabiskan oleh pengguna di platform ini juga ikut meningkat. Bahkan, rata-rata waktu yang digunakan untuk menonton video mencapai 52 menit per hari.

Hal ini menunjukkan bahwa TikTok Ads bisa menjadi platform yang cocok untuk mempromosikan berbagai produk atau layanan selama bulan Ramadhan.

  • Instagram Ads

Dari informasi yang diberikan oleh Meta, penggunaan Instagram turut meningkat selama bulan Ramadhan. Terutama dalam hal peningkatan jumlah posting dan penggunaan fitur-fitur seperti Instagram Live dan Instagram Stories.

Menurut Meta, pada tahun 2021, terdapat peningkatan 22% dalam jumlah cerita Instagram yang terkait dengan Ramadhan. Selain itu, penggunaan Instagram Ads untuk media pemasaran juga dapat memberikan hasil yang baik selama bulan tersebut dibanding bulan-bulan biasa.

Dari data dan insight yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa YouTube Ads, TikTok Ads, dan Instagram Ads merupakan platform yang cocok dijalankan selama bulan Ramadhan. Konsumsi konten di platform-platform ini meningkat selama bulan Ramadhan, sehingga perusahaan dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Kampanye digital marketing pada platform-platform tersebut juga dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan bisnis Anda selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan meluncurkan beberapa kampanye digital marketing di bulan Ramadan.

Jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk mengelola digital marketing bisnis Anda, jangan khawatir! Tim dari Herco Digital siap membantu untuk memaksimalkan Iklan bisnis Anda dengan layanan Youtube Ads, Tiktok Ads, dan Instagram Ads yang Kami tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *