Artikel

Cari Tahu Foto Produk Yang Paling Sesuai Untuk Bisnis Anda

foto produk

Tahukah Anda bahwa ternyata Foto produk juga berpengaruh dalam keputusan pembelian? Apabila Anda tidak memiliki gambar produk yang bagus, kemungkinan besar calon pembeli juga tidak akan tertarik dengan apa yang Anda jual. 

Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan para pelanggan ketika membeli sebuah produk atau brand. Pasalnya, gambar produk yang baik akan memberikan daya tarik tersendiri untuk calon pelanggan dalam mempertimbangkan pembelian. 

Maka dari itu, yuk cari tahu lebih jauh mengenai seberapa penting visualisasi untuk sebuah bisnis!

Apa Itu Foto Produk?

Foto produk merupakan hasil dari product photography. Product Photography adalah teknik memotret gambar sebuah produk, yang menjelaskan bentuk hingga fungsi dari produk tersebut. 

Ini merupakan salah satu komponen terpenting ketika Anda mempromosikan produk, terutama secara online. Hal tersebut dikarenakan ketika berbelanja online, gambar merupakan satu-satunya yang bisa pelanggan lihat dan jadikan patokan ketika membeli sebuah produk.

Meskipun terdapat deskripsi produk dalam bentuk tulisan, namun biasanya hal pertama yang dilihat oleh pelanggan adalah gambar produk.

Seberapa Penting Peran Foto Produk Dalam Bisnis?

Seperti penjelasan sebelumnya, ternyata foto produk memiliki peran penting bagi bisnis Anda. Lantas, apa saja manfaat yang diperoleh dari memaksimalkan foto produk?

  • Identitas Bisnis

Sebuah bisnis atau brand, harus memiliki identitas. Tujuannya adalah agar para pelanggan lebih mudah dalam mengingatnya.

Nah, foto produk merupakan salah satu cara untuk mempresentasikan seperti apa bisnis Anda. Maka dari itu ketika melakukan pemotretan, pastikan Anda memberikan ciri khas yang dapat membedakan produk Anda dengan milik kompetitor.

  • Meningkatkan Reputasi Bisnis

Memiliki katalog produk yang unik dan menarik, dapat meningkatkan brand awareness sebuah bisnis. Para pelanggan jadi mengetahui bahwa bisnis yang Anda jalankan bukan asal-asalan, melainkan profesional dan tentunya kredibel.

Dengan begitu, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda juga akan semakin meningkat.

  • Meningkatkan Nilai Jual

Biasanya, sebuah produk dideskripsikan melalui sebuah visualisasi. Foto produk yang bagus, dapat memberikan kesan elegan dan mampu meningkatkan nilai jual. Sedangkan foto yang diambil secara asal-asalan justru terkesan murahan dan tidak menarik untuk dilihat.

  • Sebagai Daya Tarik

Gambar produk berkualitas, pastinya menjadi daya tarik sebuah bisnis. Misalnya saat melakukan pencarian di Google, biasanya pengunjung akan memilih produk yang memiliki visualisasi menarik. 

Nah, Anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut agar bisnis Anda lebih banyak dilirik dibandingkan produk dari kompetitor.

  • Social Media Marketing

Ketika melakukan promosi di media sosial, tentunya Anda membutuhkan sebuah foto untuk mempresentasikan bisnis Anda. Meskipun produk yang Anda jual tidak dipasarkan secara online, Anda tetap bisa mempromosikannya melalui social media.

Maka dari itu, Anda tentunya membutuhkan foto yang menarik terutama ketika melakukan promosi melalui platform seperti Instagram atau Facebook.

Jenis-jenis Foto Produk

Terdapat bermacam-macam jenis serta teknik dalam dunia fotografi. Nah, inilah beberapa jenis dan teknik memotret yang biasa diterapkan ketika mengambil gambar produk.

  • White Background Shot

Warna putih, biasanya menjadi background gambar produk yang paling umum digunakan. Jenis background ini, dapat digunakan untuk produk apapun karena bisa menampilkan produk secara jelas.

Hal itu dikarenakan, produk akan terlihat kontras dengan latar belakang yang digunakan. 

Selain warna putih, Anda juga dapat menggunakan background polos dengan warna lain. Biasanya, warna yang digunakan untuk background adalah warna-warna terang.

  • Lifestyle Shot

Foto berjenis lifestyle shot, menggambarkan suatu produk yang ditata sedemikian rupa pada keadaan sebenarnya dan menghasilkan foto yang tetap menarik. Misalnya seperti meletakkan sebuah produk di atas meja dengan tambahan properti pelengkap, untuk memperindah tampilan. 

foto produk, Cari Tahu Foto Produk Yang Paling Sesuai Untuk Bisnis Anda

Jenis foto ini biasanya digunakan pada produk kuliner, namun dapat juga digunakan  pada produk lainnya.

  • Flat Lay

Teknik fotografi jenis flat lay, mengharuskan Anda untuk menyusun objek di atas bidang datar dan pengambilan angle dilakukan dari atas. Saat pengambilan gambar, Anda harus memastikan bahwa posisi kamera lurus.

Teknik pengambilan gambar jenis ini, dijamin menghasilkan gambar produk yang estetik.

  • Individual Shot

Selanjutnya, jenis foto berdasarkan jumlah objek yang difoto. Karena namanya adalah individual shot, maka dari itu Anda hanya perlu memotret 1 barang dalam satu frame. 

foto produk, Cari Tahu Foto Produk Yang Paling Sesuai Untuk Bisnis Anda

Jenis foto ini harus ada dalam tiap katalog agar pembeli mampu melihat setiap produk dengan jelas.

  • Product Grouping

Selain foto satuan tiap barang, adapun foto grup yang berisikan beberapa barang dalam satu frame. Contohnya seperti produk skincare, maka dalam satu frame bisa saja terdiri dari toner, essence, serum, serta pelembab.

foto produk, Cari Tahu Foto Produk Yang Paling Sesuai Untuk Bisnis Anda

Foto dengan teknik product grouping, biasanya mencakup satu rangkaian produk tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga dapat melakukan individual shot untuk setiap produk.

  • Packaging Shot

Packaging sebuah produk, ternyata juga bisa menjadi daya  tarik tersendiri lho! Tidak jarang pelanggan tertarik dengan sebuah produk karena packaging-nya yang menarik.

foto produk, Cari Tahu Foto Produk Yang Paling Sesuai Untuk Bisnis Anda

Sehingga, foto packaging juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan promosi sebuah bisnis.

  • Detailed Shot

Metode detailed shot atau memfoto barang secara detail, tentunya akan memudahkan pelanggan melihat produk Anda dengan lebih jelas. Umumnya, foto yang ditampilkan berupa foto close up dari fitur produk yang memperlihatkan keunggulan dari produk tersebut.

Misalnya seperti foto detail jahitan baju, foto sol sepatu, atau foto bahan bagian dalam tas. Selain menyertakan foto, biasanya penjual juga memperlihatkan detail produk dalam format video.

foto produk, Cari Tahu Foto Produk Yang Paling Sesuai Untuk Bisnis Anda

Nah, itulah berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai gambar atau foto produk. Apakah gambar produk Anda sudah cukup menarik sebagai media promosi online?

Jika belum, yuk mulai perhatikan katalog produk bisnis Anda agar banyak dilirik pelanggan! Sekarang, Anda bisa menggunakan jasa foto produk dari Herco Digital!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *