Artikel

Iklan Google Makin Canggih! Lebih Dari Sekadar Mendatangkan Kunjungan Website

Google Ads

Tahukah Anda bahwa sejak bulan November 2021 kemarin, Google Ads telah merilis campaign baru yang disebut dengan Performance Max. Melalui pengumuman yang disampaikan oleh Google, campaign Performance Max akan menerima peluncuran fitur yang lebih luas.

Sehingga, hal tersebut menyebabkan timbul banyak pertanyaan mengenai apa itu Performance Max dan apa yang membedakannya dengan campaign lain. Selain itu, hasil kinerja dari campaign baru ini tentunya juga banyak dipertanyakan lho!

Nah, salah satu perbedaan utama yang membedakan Performance Max dengan campaign lainnya adalah pada otomasi penargetan dan penayangan campaign. 

Jenis campaign ini, menawarkan kelebihan berupa peningkatan konversi yang lebih tinggi dan bukan sekadar meningkatkan traffic/kunjungan website saja. Melainkan juga berpeluang untuk meningkatkan calon pelanggan terhadap usaha yang Anda jalankan.

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya bila Anda mengetahui tentang apa itu campaign Performance Max Google Ads terlebih dahulu. Yuk, simak lebih lanjut mengenai Performance Max!

Apa Itu Campaign Performance Max dalam Google Ads?

Performance Max Google Ads merupakan jenis campaign baru yang mirip dengan fitur smart campaign, fitur lainnya dari Google Ads. Campaign ini bersifat otomatis.

Cara kerja campaign ini adalah Google akan mengotomasikan pembuatan iklan, namun otomasi tersebut berdasarkan aset-aset kreatif yang telah Anda sediakan. Cara kerja ini bisa dibilang mirip seperti iklan responsive display.

Sebenarnya, Performance Max Google Ads juga hampir mirip dengan campaign-campaign lain yang berada di media sosial. Maksudnya, Performance Max memungkinkan Anda untuk menjalankan satu campaign di semua platform Google menggunakan format iklan yang dinamis.

Campaign ini, memungkinkan pengiklan mempromosikan usaha mereka pada semua properti Google seperti YouTube, Display, Penelusuran, Discovery, dan Gmail. Biasanya, untuk menjalankan iklan di semua jaringan Google, Anda membutuhkan campaign dan materi iklan yang berbeda pada tiap channel.

Namun, pada Performance Max, semua itu akan digabungkan ke dalam satu campaign dan disederhanakan untuk upaya menjaring pelanggan.

Kelebihan Campaign Performance Max 

Beberapa tahun terakhir, Google telah menambahkan banyak alat otomatis seperti Smart Bidding, Iklan Penelusuran Responsif, dan kata kunci varian yang mirip. Campaign Performance Max ini, merupakan tambahan terbaru dalam daftar alat iklan otomatis yang semakin meningkat saat ini.

Karena Performance Max merupakan campaign yang cukup baru, jadi performa terbaik masih terus dikembangkan. Dari awal campaign ini berjalan, disimpulkan beberapa kelebihan berikut:

  • Kenaikan Konversi Iklan

Adanya campaign Performance Max ini, membuat Anda bisa melakukan lebih banyak promosi melalui semua inventaris milik Google. Sehingga, Anda bisa mendapat lebih banyak calon pelanggan dan mendorong lebih banyak konversi sesuai tujuan marketing bisnis Anda.

Jenis campaign ini, sangat direkomendasikan karena efektif dalam menghemat anggaran iklan dan fokus pada peningkatan penjualan online atau offline.

  • Performance Max Lebih Diprioritaskan dibanding Campaign Lain

Bila Anda menjalankan Performance Max bersamaan dengan campaign smart shopping untuk produk yang sama, maka Performance Max akan lebih diprioritaskan. Sehingga nantinya iklan yang ditampilkan kepada pengguna merupakan iklan dari campaign Performance Max, bukan dari campaign lain.

Metode ini hampir mirip dengan sebagaimana campaign Smart Shopping diprioritaskan dibanding campaign Standard Shopping yang berjalan secara bersamaan.

Saat Anda meningkatkan versi campaign Smart Shopping ke Performance Max, iklan Anda akan ditampilkan di saluran Google secara default. Jadi saat ingin melakukan transisi, Anda harus memeriksa kembali materi iklan Anda untuk memastikan semuanya telah disiapkan dengan benar.

  • Menjaring Lebih Banyak Pelanggan

Anda dapat menjaring lebih banyak pelanggan dengan menyesuaikan sasaran penting bagi bisnis Anda dan memaksimalkan konversi. Campaign Performance Max, juga memungkinkan bagi Anda untuk menjangkau pelanggan dari berbagai platform Google.

Dengan memanfaatkan pemahaman real-time Google terhadap niat dan preferensi pengguna yang digabungkan dengan input Anda, sehingga dapat menghasilkan performa maksimal.

  • Mendapat Insight yang Lebih Tinggi

Pelaporan yang diberikan oleh Performance Max, dapat membantu Anda dalam memahami materi iklan yang mempengaruhi performa. Selain itu, pelaporan tersebut juga membantu Anda untuk mengoptimalkan materi iklan campaign agar persentase ROI meningkat.

Tren penelusuran yang mengalami peningkatan, juga dapat membantu Anda dalam memahami perubahan performa, serta mendukung strategi bisnis yang lebih luas.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, Anda juga dapat mengatur beberapa opsi dan kontrol dalam campaign Performance Max Google Ads. 

Opsi dan Kontrol dalam Performance Max

Saat menjalankan campaign Performance Max, Anda dapat memilih campaign objective yang akan Anda gunakan berdasar tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Budget dan Bidding

Pada campaign Performance Max, Anda bisa mengatur budget dan memilih strategi bidding Anda sendiri. Perlu diingat bahwa strategi bidding dalam Performance Max Google Ads termasuk dalam Max Conversions dan Max value.

Namun, Anda juga dapat mengatur strategi ke Max CPA atau penargetan konversi. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk memanfaatkan strategi target CPA atau bisa disebut dengan Target ROAS.

  • Lokasi, Bahasa yang Digunakan, Kapan Penjadwalan Iklan

Anda dapat memilih lokasi mana yang akan ditargetkan dengan memilih “enter another location”. Kemudian, pilih opsi “advanced search” untuk memilih kumpulan import lokasi.

Selanjutnya, Anda bisa memilih bahasa yang digunakan, penjadwalan iklan, dan tanggal berjalannya campaign.

  • Advanced URL Options

Opsi ini sangat penting, hal itu karena secara default Google akan menentukan final URL dari campaign Anda. Kecuali jika Anda menonaktifkan opsi tersebut.

Apabila Anda mengijinkan Google untuk mengirim traffic ke link yang telah diarahkan, Anda juga memiliki pilihan untuk meng-exclude link.

  • Opsi “Asset Group”

Bagian selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk melakukan setting asset group. Asset group memiliki cara kerja yang hampir sama dengan responsive display asset

Grup ini bisa dikatakan sebagai “aset” dikarenakan bertindak sebagai sebuah aset bagi semua platform di inventaris Google. Pada campaign Performance Max ini, Anda bisa membuat asset group lebih dari satu.

  • Mengatur Automated Targeting

Targeting pada setiap campaign Performance Max, hanya tersedia satu set. Performance Max juga tidak memiliki Ad group.

Selain itu, Anda dapat memilih audiens untuk membantu Anda memberikan insight kepada Google. 

Melalui penjelasan Google, dapat disimpulkan bahwa campaign Anda mungkin saja tidak hanya didistribusikan ke audiens yang menjadi target. Namun, Google juga akan membantu Anda untuk mencari pengunjung yang mirip dengan target campaign Anda. 

Melalui data berupa audience signals, Google dapat mengidentifikasi perilaku dan ketertarikan audiens terhadap tujuan campaign Anda.

  • Menambah Ad Extensions

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan ad extensions atau ekstensi iklan. Anda bisa memanfaatkan sitelink extensions atau memilih untuk membuat sitelink spesifik yang akan digunakan untuk campaign Performance Max.

Nantinya, campaign Anda akan menyarankan untuk menggunakan format yang sesuai dengan tujuan campaign Anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu Performance Max dan apa saja kelebihannya bila dibandingkan dengan campaign lain. 

Adanya kelebihan Performance Max yang ditawarkan Google saat ini, tentunya memberikan kemudahan bagi para pengusaha online untuk mempromosikan usaha mereka. Iklan otomatisasi tersebut, akan mengoptimalkan anggaran yang Anda sediakan dan menghasilkan konversi yang cukup besar.

Sebagai Pengusaha online, cobalah untuk menjalankan jenis campaign ini karena akan sangat disayangkan bila Anda melewatkannya begitu saja.

Anda tertarik dengan Performance Max Google Ads tapi tidak paham caranya? Herco Digital dapat membantu Anda dalam menjalankan campaign tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *