Artikel

Pahami Pentingnya Google Analytics 4 Untuk Bisnis Anda

google analytic 4

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia digital khususnya para pemilik website tentunya tidak asing dengan yang namanya Google Analytics. Saat ini Google juga sudah meluncurkan Google Analytics versi terbaru yaitu Google Analytics 4. Google Analytics sendiri merupakan tools yang berupa perangkat lunak buatan Google untuk melihat performa suatu website.

Terhitung hingga tahun 2022 jumlah website di Indonesia yang terhubung dengan Google Analytics mencapai 85.959. Angka ini kemungkinan akan terus mengalami peningkatan karena semakin banyak juga sektor usaha yang memiliki website.

Lalu seberapa pentingnya Google Analytics untuk mengembangkan bisnis Anda?

Google Analytics 4 saat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan menarik untuk dimanfaatkan. Analisa yang diberikan terhadap situs Anda dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat sebuah konten yang sesuai dengan target pelanggan dan menjawab kebutuhan pasar.

Namun sebenarnya fungsi utama dari Google Analytics itu sendiri adalah untuk mendapatkan data serta informasi terkait pengunjung, serta aktivitas yang dilakukan saat mengunjungi suatu halaman website.  Selain itu, Google Analytics juga memiliki fungsi lain untuk mengamati serta mengumpulkan informasi terkait kinerja Search Engine Optimization (SEO) dan Google Ads di mesin pencarian.

Cara Memasang Google Analytics 4

Berdasarkan Search Engine Journal, para digital marketer khususnya pengguna website memang disarankan untuk mulai menggunakan Google Analytics atau GA 4.

GA 4 ini juga dapat dioperasikan bersamaan dengan Google Universal Analytics, sehingga Anda dapat mengumpulkan data yang lebih kuat untuk membantu analisa di masa mendatang. Tentunya semakin awal Anda memulai maka semakin banyak pula informasi serta data yang dapat Anda kumpulkan.

Lalu bagaimana cara setup GA 4?

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah “Login” ke akun Google Analytics Anda.
  • Kemudian pilih dan klik “Admin” yang letaknya di pojok kiri bawah.

google analytics 4

  • Selanjutnya, pilih akun yang Anda inginkan.

google analytics

  • Pilih properti yang Anda inginkan.

google analytics 4

  • Kemudian klik “GA 4 Setup Assistant”

google analytics 4

  • Selanjutnya klik “Get Started” untuk memulai.

google analytics 4

  • Terakhir klik tombol “Create Property”.

google analytics 4

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas, maka Anda sudah dapat menggunakan Google Analytics 4 untuk melihat performa website.

Cara Menggunakan Google Analytics

Dalam menggunakan Google Analytics, terdapat 6 hal yang harus Anda pahami untuk membaca data yang ada. Namun sebenarnya masih terdapat banyak hal lain dalam Google Analytics yang bisa digunakan.

Namun sebagai permulaan, 6 cara ini sudah bisa digunakan untuk menganalisa performa dari website Anda, Mau tau apa aja?

  1. Realtime

Dalam Google Analytics terdapat menu yang namanya Realtime dengan pilihan opsi Overview untuk Anda melihat metrik realtime dari web. Saat Anda membuka sebuah website, aplikasi hingga device disaat itu, maka data tersebut akan terekam dan bisa diakses.

Di dalam halaman Overview ini akan ada beberapa data yang dimunculkan, seperti jumlah user, device yang digunakan, pageview per menit hingga per detik dan masih banyak lagi.

Namun data yang ditampilkan ini masih dalam bentuk data sederhana. Untuk mendapatkan data yang lebih lengkap, maka Anda dapat mengakses submenu yang ada di Realtime.

  1. Demografi Audiens

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat mengetahui siapa saja yang telah mengunjungi website Anda melalui menu Audience. Selain itu, dari mana asalnya hingga topik pembahasan apa yang mereka sukai.

Klik sub menu Overview, maka Anda dapat melihat rangkuman sederhana terkait data pengunjung. Mulai dari jumlah pengguna dan pengguna baru, jumlah tanyangan halaman, sistem operasi yang digunakan dan masih banyak lagi.

Untuk melihat data yang lebih lengkap terkait audiens seperti jenis kelamin, topik yang disukai, hingga produk yang diminati, maka Anda dapat melihat di sub menu yang ada di menu Audience.

  1. Perilaku Pengunjung

Melalui Audience > Behaviour, Anda dapat melihat respon yang diberikan audiens saat mengunjungi halaman website Anda. Hal ini dikarenakan Google Analytic telah merekam interaksi yang dilakukan pengunjung dengan konten web.

Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengetahui pengunjung setia, pengunjung baru, engagement, kualitas sesi , konversi hingga frekuensi kunjungan.

  1. Overall Traffic

Trafik kunjungan merupakan salah satu data penting yang perlu Anda ketahui. Dalam data ini, Anda dapat mengetahui seberapa banyak pengunjung yang mengunjungi website Anda dijangka waktu tertentu.

Untuk melihat jumlah pengunjung website di Google Analytic dapat Anda lakukan dengan mengklik menu Acquisition > All Traffic. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan pilihan opsi yang dapat digunakan untuk melihat trafik web secara lebih detail.

Terdapat 4 pilihan opsi yang ada di All Traffic yaitu Channels, Treemaps, Source dan Referrals. Dimana setiap opsi ini memuat data atau informasi yang lebih detail terkait trafik website.

  1. Sumber Traffic

Terdapat banyak cara yang dimana seseorang dapat mengunjungi website Anda. Mulai dari yang paling umum adalah mengetikkan URL di browser. Selain itu, mengunjungi website melalui mesin pencari, backlink website lain atau bahkan dari tautan iklan.

Cara-cara yang dilakukan oleh para users ini untuk sampai ke website Anda dapat diketahui oleh Google Analytics. Anda cukup mengklik Acquisition > All Traffic > Channels untuk mendapatkan data tersebut. Dengan data ini, Anda bisa mempertimbangkan strategi promosi yang akan dijalankan.

  1. Website Speed

Melalui Google Analytics, Anda dapat juga mengecek tingkat kecepatan website hanya dengan mengklik Behaviour > Site Speed. Seperti sebelumnya, untuk melihat ringkasan informasi secara sederhana maka pilih sub menu Overview.

Namun untuk mendapatkan data yang lebih detail seperti waktu load setiap halaman maka bisa Anda dapatkan dibagian Page Timings. Google nantinya akan menampilkan halaman sesuai dengan urutan terpopuler serta waktu yang diperlukan untuk load.

Itulah pembahasan singkat terkait Google Analytics 4. Bagaimana banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Google Analytics ini?

Keberadaan Google Analytics 4 ini sangat memiliki peran yang penting dalam perkembangan bisnis di era digital. Analisa dan informasi yang diberikan dapat dijadikan perbaikan pada performa website serta pengoptimalan SEO dan Google Ads.

Untuk itu sangat penting untuk mulai memasang Google Analytics di website Anda. Jika Anda merasa kesulitan untuk memasang GA 4 di website Anda maka bisa mempercayakannya pada Herco Digital Indonesia.

Herco Digital Indonesia menyediakan layanan web maintenance yang sangat cocok dengan kebutuhan Anda. Jadi nantinya website Anda tidak hanya akan dipasangkan GA 4 namun juga akan dilakukan perbaikan di website Anda agar performanya menjadi baik. Wah menarik sekali bukan?

Yuk segera konsultasikan kebutuhan pengembangan website Anda hanya di Herco Digital Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *