Artikel, Blog

Cara Menyusun Daftar Keywords yang Relevan

Menyusun Daftar Keywords

Keywords menggerakkan iklan Anda. Menyusun dan mengurus daftar keywords yang tepat adalah penting untuk mendapatkan pengembalian terbaik atas pengeluaran pencarian berbayar Anda. Keywords disusun dalam sekumpulan iklan. Anda menempatkan iklan yang kreatif (ad text) ke dalam sekumpulan iklan tersebut. Oleh karena itu, mengetahui keyword yang terbaik untuk iklan adalah penting. Pengujian keywords adalah proses menyusun daftar keyword, berdasarkan frekuensi kata dan frase yang sering digunakan oleh para pengguna dalam melakukan pencarian di mesin pencari.

Menyusun Daftar Keywords, Cara Menyusun Daftar Keywords yang Relevan

Kenapa pengujian keyword penting?

Jika dapat digambarkan ke dalam suatu benda, hubungan antara keywords dan kampanye AdWords Anda adalah mur dan baut. Keduanya mengendalikan visibilitas website Anda dalam hasil pencarian, dan tergantung pada pengeluaran Anda.

Jika Anda sedang mengatur akun untuk pertama kalinya, adalah hal yang penting untuk menyusun daftar kata kunci yang kuat secepat yang Anda bisa. Kualitas dari daftar ini menentukan frekuensi dari kemunculan iklan Anda dan relevansi iklan Anda dengan permintaan pencarian para pengguna.

Meskipun Anda telah beberapa kali menjalankan kampanye AdWords, sebaiknya Anda tetap melakukan review terhadap daftar keywords Anda untuk menemukan jika ada peluang keywords yang terlewatkan.

Alat dan tehnik yang digunakan untuk menguji keywords

Sementara ada banyak alat penguji keyword yang non-Google, titik awal Anda seharusnya dimulai dari alat penguji keyword yang telah disediakan oleh Google, yaitu:

  • Google Keyword Planner. Keyword Planner yang dimiliki Google ini sangatlah bernilai karena menyediakan data yang solid ada populartias keywords dari Google itu sendiri. Bahkan Goole Keyword Planner juga menyediakan keywords yang disarankan yang memungkinkan dapat Anda gunakan untuk iklan Anda, dan meramalkan visibilitas berdasar pada berbagai permintaan pencarian. Sealin Google Keyword Planner, Anda juga dapat menggunakan Google Trends  dengan tingkat ulasan data yang lebih detail.
  • Pencarian on-site: Carilah data dari website Anda melalui laporan permintaan pencarian oleh Google Analytics, yang menyediakan sejumlah informasi yang dapat membantu Anda memulai proses pengujian keywords Anda. Istilah yang digunakan oleh browser Anda untuk menemukan produk atau jasa melalui kotak pencarian on-site, mencerminkan istilah yang digunakan untuk melakukan pencarian pada Google.
  • Laporan pencarian istilah: Laporan pencarian istilah dari AdWords, menyediakan daftar pencarian yang menggerakkan iklan Anda dengan frame waktu tertentu. Hal ini sangat berguna jika Anda mencari cara untuk optimasi daftar keywords yang ada, atau menemukan peluang keywords yang baru.

Misalkan, data pencarian istilah mungkin akan memunculkan kata sinonim baru untuk produk Anda yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Dengan menggunakan kata sinonim baru tersebut sebagai titik awal iklan Anda, gunakan Keyword Planner untuk mengujinya dan menemukan peluang baru kata kunci yang lebih baik.

Tips untuk memulai praktik

  • Perhatikan “kualitas” ketimbang “kuantitas”. Membuat daftar keywords yang memiliki “kualitas” bukan berarti membuat daftar yang panjang, melainkan keywords yang kuat dan relevan harus didahulukan daripada keywords generik dengan volume pencarian yang tinggi.
  • Perhatikan budget. Pertimbangkan volume pencarian dan CPC ketika mematangkan keywords Anda, sehingga Anda yakin bahwa Anda dapat mengusahakan pertaruhan dari seluruh keywords yang telah Anda pilih.
  • Awasi kompetitor. Anda dapat menggunakan alat review kompetitor untuk menganalisa cara rival berbisnis dalam pertaruhan keyword dan menemukan peluang keywords yang baru.
  • Berpikir seperti konsumen. Gunakan terminologi yang mencerminkan cara konsumen Anda melakukan pencarian tentang bisnis Anda.

Mengenai jenis kata kunci untuk menyesuaikan dengan pemilihan kata kunci Anda, silahkan baca artikel kami mengenai 5 Jenis Pencocokan Kata Kunci di Google AdWords untuk optimasi kata kunci Anda.