Artikel

Alasan & Cara Membangun Social Media Presence Bagi Sebuah Brand

Social Media Presence

Di era digital, keberadaan sosial media memang sangat membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.  Maka dari itu, sekarang hampir semua brand memiliki setidaknya 1 sosial media sebagai salah satu aset pemasarannya. 

Namun Anda juga harus paham bahwa semakin berkembangnya sosial media maka penggunaannya pun juga ikut berkembang. Untuk itu Anda tidak bisa jika hanya mengandalkan strategi marketing yang biasa. Diperlukan strategi khusus agar sosial media yang Anda miliki tidak hanya sebagai sebuah “Etalase” yang menampilkan deretan produk.

Maka dari itu, social media presence menjadi sangat penting dimiliki dan dipahami oleh para pelaku bisnis. Lalu sebenarnya apa itu social media presence?

Social media presence diartikan sebagai seluruh tindakan untuk menyatakan bahwa suatu brand aktif dan tetap memiliki relevansi dengan sosial media yang digunakan. Keberadaan sosial media memiliki manfaat yang bagus untuk membantu perkembangan bisnis Anda di era digital.

Social Media Presence, Alasan & Cara Membangun Social Media Presence Bagi Sebuah Brand

Manfaat Social Media Presence

Terdapat 4 manfaat social media presence untuk bisnis Anda. Mau tahu apa aja?

  • Menjalin Kedekatan dengan Konsumen

Dengan membangun social media presence, kedekatan antara brand dan konsumen akan terjalin semakin erat. Hal ini karena melalui media sosial, brand dapat berinteraksi secara langsung dengan para konsumennya. 

Dengan social media presence, audiens atau konsumen akan memiliki kedekatan yang erat dengan brand. Dibandingkan dengan harus menghubungi call center atau bahkan datang langsung ke kantor untuk sekadar bertanya atau menyampaikan pendapat maka melalui media sosial  dirasa lebih efektif.

  • Jangkauan Konsumen Semakin Luas

Saat ini media sosial memiliki pengguna yang terbilang sangat besar. Satu orang saja biasanya bisa memiliki media sosial lebih dari satu. Maka dari itu, membuat para pengguna media sosial mengetahui brand Anda akan membuat jangkauan target pasar Anda akan semakin luas. Jadi jangan lewatkan kesempatan itu. 

  • Untuk Menjalin Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen

Memiliki media sosial yang aktif mampu membantu Anda menjalin hubungan jangka panjang dengan para konsumen. Hal ini berbeda dengan kehadiran toko fisik yang hanya bisa didatangi di waktu tertentu saja. 

Dengan memiliki media sosial yang aktif maka akan membuat audiens “terpapar “ dengan aktivitas kehadiran brand Anda. Apalagi orang-orang banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial.

  • Memberikan Informasi Kepada Konsumen

Selain memberikan manfaat untuk  pemilik brand itu sendiri, ternyata melakukan pengelolaan media sosial dengan baik juga bermanfaat  untuk audiens. Audiens bisa mendapatkan informasi terkait produk dan jasa hingga menemukan solusi penyelesaian masalah.

Cara Membangun Social Media Presence

Melihat sebegitu pentingnya serta manfaat social media presence, lalu bagaimana cara membangun social media presence yang baik ?

Konsisten dalam Membuat Konten

Hal utama yang penting dilakukan untuk membangun kehadiran media sosial adalah konsisten dalam membuat konten. Untuk membantu Anda konsisten dalam mengunggah konten di media sosial maka Anda dapat membuat content plan dalam jangka waktu tertentu. 

Anda bisa membuat content plan satu minggu sekali atau satu bulan sekali untuk menentukan kapan dan apa topik yang akan diulas. Namun jika Anda memiliki lebih dari satu media sosial maka tentukan topik serta target yang disesuaikan dengan jenis media sosial yang digunakan.

Bangun Interaksi yang Baik dengan Konsumen

Mengembangkan media sosial tanpa adanya interaksi yang terjalin dengan para konsumen tentunya sangat disayangkan. Hal ini dikarenakan interaksi yang terjalin antara brand dan konsumen merupakan salah satu kunci utama dari marketing. Jika interaksi yang terjalin semakin sering maka tidak menutup kemungkinan brand dapat mempengaruhi audiens untuk melakukan pembelian. 

Ikuti Tren yang Ada

Banyak sekali tren yang berkembang di masyarakat  yang sangat asik untuk disimak. Anda dapat memanfaatkan tren ini untuk menarik perhatian audiens. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua tren bisa diikuti, harus ada relevansi antara tren dengan produk yang dijual. 

Gunakan Bantuan Tools 

Untuk mempermudah pengelolaan media sosial, kini banyak sekali tools yang dapat membantu Anda. Mulai dari tools editing yang dapat membantu Anda membuat konten dengan lebih mudah dan cepat. Analytics tools yang dapat memberikan informasi data terkait target audiens dan waktu yang tepat untuk mengupload konten. Selain itu, masih banyak sekali tools gratis hingga berbayar untuk membantu pengelolaan media sosial brand Anda.

Jadi, bagaimana tertarik membangun social media presence ? 

Jika Anda tertarik membangun social media presence, maka percayakan saja pada Herco Digital. Herco Digital telah dipercaya oleh banyak klien untuk mengelola social media mereka.

Salah satu bukti suksesnya yaitu dalam mengelola social media milik PNM Sijago. Tidak hanya platform Instagramnya saja, Herco Digital juga membantu mengaktifkan platform Tik Tok dari PNM Sijago karena platform ini mampu menarik target investor millennial mereka. Bahkan social media PNM Sijago mampu termanage dengan baik dengan engagement rate terjaga.

Jadi tunggu apa lagi? Percayakan social media management usaha Anda hanya di Herco Digital.

One thought on “Alasan & Cara Membangun Social Media Presence Bagi Sebuah Brand

  1. prillly says:

    informasinya sangat membantu, thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *