Facebook Ads

6 Taktik Efektif untuk Mendapatkan Lebih Banyak Like dan Share di Facebook

like dan share di facebook

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia dan bahkan hingga sekarang jumlah penggunannya terus bertambah. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Facebook pada tahun 2016 mengalami peningkatan dibandingkan tahun yang sebelumnya.

Dikutip dari Kompas.com, pada hari Kamis (20/10/2016), Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia mengungkapkan bahwa angka pengguna aktif bulanan jejaring sosial tersebut kini sudah mencapai angka 88 juta di Indonesia. Dengan demikian, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan angka sebelumnya sebesar 82 juta pengguna pada kuartal ke-empat 2015.

Di atas itu semua, Facebook telah menjadi tempat dimana sebagian besar pengguna membaca konten, yang berarti bahwa para pengguna tersebut berada pada jalan yang benar untuk mengunjungi website Anda. Sehingga pada artikel berikut, kami menyediakan 12 cara yang dapat dilakukan untuk membantu Anda meningkatkan jumlah like dan share di Facebook:

1 – Semuanya adalah tentang “Anda”

Jejaring sosial berbicara tentang penggunanya. Siapa pun membuat profil mereka sendiri yang mana menunjukkan siapa diri mereka dari sudut pemikiran mereka sendiri dan teman-teman mereka. Mereka menyesuaikan pengalaman mereka sendiri dan melihat konten serta koneksi dari orang lain yang mereka inginkan. Dengan kata lain, platform media sosial dirancang untuk pengguna agar mereka fokus terhadap diri mereka sendiri.

Alasan mengapa ini penting adalah karena Anda perlu memahami bahwa para pengguna lebih memfokuskan konten yang dibuat untuk ditujukan pada mereka. Idealnya, itu berarti memberikan tanda (tag) pada para pengguna sehingga sehingga mereka mendapatkan pemberitahuan. Tetapi itu tidak mungkin dilakukan oleh sebagian besar bisnis. Bagaimanapun, Anda masih dapat mempelajarinya dengan membuat postingan Facebook Anda lebih ditujukan untuk para pengguna yang membaca konten Anda. Gunakanlah bahasa yang lebih interaktif yang menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan oleh para pengguna dalam kesehariannya.

2 – Gunakan Call-To-Action (CTA)

CTA adalah salah satu faktor penting ketika berkaitan dengan tingkat konversi landing page Anda. Karena CTA tidak menghubungkan antara apa yang inginkan dan apa yang orang lain pikirkan mengenai yang Anda inginkan. Cobalah untuk berpikir menggunakan sudut pandang pembaca. Jika pembaca membuka postingan Anda dan menyukainya, kemudian apa yang terjadi? Tentu Anda menginginkan mereka membagikannya ke beranda akun mereka bukan?

Jika Anda meminta para pembaca untuk membagikan postingan Anda jika mereka menyukainya, maka itu secara jelas akan menunjukkan bahwa Anda menginginkan mereka untuk membagikan postingan Anda.

Ada sebuah studi yang dibuat oleh sebuah software pemasaran inbound dan penjualan, HubSpot, yang mengungkap bahwa postingan dengan kata “bagikan” atau “mohon sebarkan” mendapatkan jumlah share dua kali lipat lebih banyak dibandingkan postingan yang tidak menggunakan kata tersebut. Tetapi jika Anda menggunakannya di setiap postingan Anda, kemungkinan Anda akan kehilangan pembaca konten Anda.

like dan share di facebook

3 – Membahas trending topic lebih awal

Cara yang sering digunakan untuk mendapatkan lebih banyak like dan share dengan menyebarkan konten Anda yang lebih menarik untuk pembaca yang ada. Bagaimanapun, pilihan lain yang dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari pembaca baru adalah dengan merangsang dorongan untuk menyukai dan membagikan postingan Anda. Caranya adalah dengan membahas trending topic sebelum topik tersebut banyak dibicarakan oleh publik.

Anda dapat menemukan kumpulan trending topic melalui newsfeed Anda. Pengguna biasanya akan menyukai dan membagikan postingan untuk menunjukkan bahwa mereka “tahu” topik apa yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang rumit untuk menunjukkannya pada mereka, melainkan cukup dengan link ke halaman artikel Anda dengan kunci yang terletak pada headline dan dekripsi Anda.

4 – Kurangi kompetisi jejaring sosial Anda

Setidaknya, gunakan tiga jenis jejaring sosial, termasuk Facebook salah satunya untuk bsinis Anda. Jika pembaca ingin membagikan postingan Anda, mereka biasanya akan memutuskan media sosial mana yang akan mereka gunakan untuk menampilkan konten Anda. Misalnya, akan lebih baik jika Anda mendapatkan 50 shares di Facebook dibandingkan 5 shares di 10 media sosial yang berbeda.

5 – Mengintegrasi konten Anda yang shareable

Jika Anda aktif dalam menggunakan Facebook, Anda perlu memahami “EdgeRank”, yaitu algoritma yang menentukan apa yang pengguna seharusnya lihat. Jika postingn Anda memiliki angka EdgeRank yang tinggi, itu berarti para pengguna yang tertarik melihat konten Anda, dan begitu juga sebaliknya. Pada dasarnya, EdgeRank Anda tergantung pada 3 faktor penting, yaitu Affinity (tingkat hubungan antara pengguna dan penyedia konten), Weight (jumlah yang berdasar pada jenis postingan yang Anda buat), dan Decay (kapan terakhir Anda posting).

6 – Mengambil sikap untuk bertahan terus

Pengguna akan membagikan hal-hal yang dapat membentuk cara orang lain melihat mereka. Jadi, jika Anda ingin konten Anda dibagikan oleh para pembaca, Anda harus mengambil sikap untuk bertahan. Misalnya jika ada seseorang yang membagikan artikel mengenai 12 Taktik Efektif untuk Mendapatkan Lebih Banyak Share dan Like di Facebook, itu berarti ia ingin menunjukkan pada teman-teman Facebooknya bahwa ia memiliki ketertarikan di bidang digital marketing. Namun itu tidak menunjukkan sikap apapun.

Teman-teman facebook mereka yang memiliki pengetahuan seputar marketing mungkin menganggap bahwa orang yang membagikan artikel ini tidak memiliki pengetahuan dan keahlian yang mumpuni di bidang marketing. Para pengguna tidak hanya menginginkan terlihat bahwa hal yang penting adalah mereka memiliki minat ketertarikan terhadap sesuatu. Mereka justru menginginkan orang lain berpikir bahwa apa yang mereka posting adalah bagian dari kehidupan mereka dan mereka lebih mengetahui itu dibandingkan orang lain.

Sehingga motivasi tersebut dapat dijadikan sebagai kesempatan. Pilihlah topik pembahasan yang sedang hangat dibicarakan, sedikit bertentangan dengan pemikiran orang-orang pada umumnya, dan beri pendapat Anda mengenai hal itu. Siapa pun yang ingin menunjukkan bahwa mereka memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda dan ingin memperlihatkannya pada teman-teman mereka di Facebook, kemungkinan besar postingan Anda akan mendapatkan banyak like dan share.