Artikel, Blog, SEO Article

Ketahui Jenis Keyword Ini Untuk Tingkatkan Konversi Anda

jenis keyword

Anda pasti tahu apa itu SEO, tetapi bagi Anda yang baru mengenal istilah tersebut, SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkauan upaya yang dilakukan oleh seorang ahli web pada sebuah website untuk meningkatkan visibilitas halaman web tersebut menjadi lebih baik pada hasil pencarian, terutamanya Google. Halaman website yang memiliki ranking baik akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial secara terus-menerus.

Setiap kata kunci yang dimasukkan pada kolom pencarian Google akan langsung terkait dengan situs-situs web. Jadi, kata kunci atau keyword juga sangat berperan penting dalam SEO. Keyword menjadi tolak ukur suksesnya website yang sudah teroptimasi menggunakan teknik SEO. Keyword adalah gambaran dari kebutuhan dan ketertarikan pengguna dalam melakukan pencarian di Google. Untuk menemukan keyword yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, biasanya ahli SEO akan melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Dalam penargetan keyword, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis keyword yang dapat digunakan untuk meningkatkan konversi. Dan jenis-jenis keyword tersebut adalah:

  1. BRAND. branded keyword adalah kata kunci yang relepan pada tingkat perusahaan yang sudah memiliki semacam pengakuan nama yang kuat. Misalnya ada pengguna yang melakukan pencarian dengan langsung menggunakan nama brand tertentu. Hal ini disebabkan mereka sudah memiliki kepercayaan yang kuat terhadap brand tersebut.
  2. PRODUCT. Kata kunci produk adalah kata kunci yang sering digunakan pengguna untuk mencari informasi dengan menyebutkan produk yang dicari. Seringnya kata kunci ini diikuti dengan nama brand. Misalnya, seorang fotografer yang hendak mengganti kamera lamanya dengan yang baru, berniat mencari informasi mengenai tempat penjualan kamera yang terdekat. Ia menggunakan kata “Jual kamera DSLR harga nego” atau “Jual kamera DSLR Canon murah”.
  3. COMPETITOR. Sesuai dengan namanya, kata kunci ini memang menggunakan nama kompetitor yang digunakan para pengguna internet untuk melihat perbedaan dan membuat perbedaan.
  4. SUBSITUTE PRODUCT. Kata kunci ini sering digunakan pengguna internet untuk mencari produk pengganti yang memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Banyak pemasar yang menggunakan kata kunci ini untuk merebut konsumen pesaing mereka.
  5. Karena pada dasarnya pengguna internet melakukan perbandingan untuk melihat penawaran yang terbaik bagi mereka.
  6. COMPLEMENTARY PRODUCT. Kata kunci yang menyebutkan produk yang tidak langsung berhubungan dengan produk Anda. Misalnya, ada pengguna yang mencari tentang komputer, sedangkan Anda menjual product furniture atau aksesoris komputer. Anda dan produsen komputer tersebut mungkin akan sama-sama memiliki tingkat konversi yang tinggi
  7. AUDIENCE. Kata kunci ini adalah yang paling sukar karena sangat luas dan sulit menemukan kata kunci yang sesuai dengan keinginan konsumen. Cara terbaik untuk menggunakan kata kunci ini adalah dengan mengembangkan kata kunci sesuai dengan produk Anda agar potensi pengunjung dari kategori ini dapat Anda maksimalkan.
  8. ASKING QUESTIONS. Kata kunci yang berupa kalimat pertanyaan yang digunakan para pengguna untuk mencari solusi permasalahan mereka. Konten website yang berisi tutorial akan muncul pada hasil pencarian dan biasanya artikel tersebut dapat bertahan lama karena akan terus digunakan selama alat dan bahan dalam tutorial tersebut masih ada.
  9. SEASONAL. Atau disebut juga kata kunci musiman adalah kata kunci yang sering digunakan pada saat musim-musim tertentu, misalnya pada saat Harbolnas, Natal, Tahun baru, Lebaran, dan lain-lain.
  10. SYMPTOMS. Adalah kata kunci yang digunakan karena adanya keresahan dari suatu gejala yang timbul dan membuat bingung para pencari informasi. Misalnya, ada seseorang dengan laptopnya yang sering mendadak mati. Kemudian ia mencari dengan kata kunci “Laptop sering mati mendadak”. Maka kemungkinan artikel yang muncul berisi penyebab, cara mengatasi, permasalahan yang serupa, dan lain-lain.
  11. SPESIFIC. Kata kunci ini sering digunakan untuk mencari sesuatu yang spesifik, misal kode, model, atau sesuatu yang mengarah pada sesuatu yang spesifik. Artikel yang menggunakan kata kunci ini biasanya memiliki trafik yang sedikit, meskipun kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang rendah.
  12. UPDATE. Adalah kata kunci yang muncul karena adanya update perkembangan terbaru dari media massa. Kata kunci jenis ini mirip dengan kata kunci musiman, hanya saja umur kata kunci ini lebih pendek dan tergantung pada lama beritanya. Misal, pengguna mungkin merasa penasaran dengan pemberitaan tertentu di media massa sehingga ia mencari informasi terkait berita tersebut di internet.