Artikel

Cara Mudah Melakukan Riset Pasar

cara mudah melakukan riset pasar

Dalam beberapa tahun ini pertumbuhan produk dalam negeri mengalami peningkatan yang signifikan ,terutama dengan semakin bermunculan nya usaha kelompok masyarakat (UKM) dan yang di kelola oleh pemerintah desa melalui BUMdesa (Badan Usaha Milik Desa) .  Tentunya semua tahapan sukses dalam menjual produk , setiap perusahaan melakukan strategi pemasaran yang kreatif dengan melalui beberapa tahapan .  Salah satu tahapan yang penting adalah melakukan riset pemasaran , yaitu melakukan penelitian tentang apa saja yang di butuhkan pasar dan masyarakat tertutama yang berkaitan dengan jenis produk yang akan kita pasarkan.

Riset pemasaran juga membantu perusahaan mengetahui detail siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang akan kita tawarkan , serta dapat mengetahui kondisi persaingan untuk jenis produk yang sama dengan yang kita jual . Pelaksanaan riset pemasaran ini bisa dilakukan oleh perusahaan sendiri atau menggunakan jasa perusahaan yang ahli di bidang strategi pemasaran  , semua bisa kita sesuaikan dengan kemampuan biaya pemasaran yang ada di perusahaan .

Riset pemasaran ini merupakan proses yang dilakukan oleh perusahaan- perusahaan yang sekarang telah sukses dan memulai riset pemasaran ini sejak dari usaha awal berjalan hingga menjadi perusahaan besar, untuk itu para pelaku ukm , bumdesa , koperasi dan perusahaan yang baru berdiri sekalipun sangat dianjurkan untuk melakukan riset pasar.

Banyak perusahaan yang baru berdiri mungkin menganggap riset pasar ini tidak begitu perlu dengan alas an khawatir aka nada biaya yang besar untuk melakukan kegiatan ini , akan tetapi sebenarnya bahwa besar kecil nya biaya untuk melaksanakannya tergantung kreatifitas perusahaan terutama bagian marketing untuk membuat strategi riset yang kreatif .

Beberapa metode survei yang bisa di lakukan oleh perusahaan untuk riset adalah sebagai berikut :

  • Wawancara langsung
  • Survei langsung di pasar seperti pusat perbelanjaan tradisional maupun modern dengan membuat kegiatan beberapa hari untuk meminta konsumen mengisi kuesioner dan cara ini memerlukan dan biaya yang lebih mahal dari model lain nya.
  • Wawancara melalui telepon
  • Survei melalui saluran telekomunikasi dengan melakukan wawancara telepon pada data konsumen pada database yang dimiliki perusahaan .
  • Wawancara melalui surat / e-mai, metode ini semakin gencar di lakukan sejak trend pemasaran online semakin meningkat , dan metode ini cenderung lebih murah secara biaya dan tidak banyak memerlukan tenaga riset.

Riset pasar harus dilakukan secara terus menerus dengan melakukan evaluasi secara berkala , perusahan juga harus mengalokasikan sebagian dari total biaya pemasaran untuk riset pasar . Tentunya setiap BUMdesa dan semua usaha kecil menengah bisa belajar dari rahasia mengapa perusahaan – perusahaan besar di Indonesia bisa sukses hingga sekarang , salah satu nya melakukan Riset Pasar yang kreatif dan akurat .