Tips

Ini Dia Digital Marketing Untuk Meningkatkan ‘Check Out’ di Toko Kamu

iklan marketplace

Tren belanja online memang tak pernah ada habisnya terlebih sejak pandemi covid-19 melanda tanah air. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengunjung e-commerce pada data di bawah ini.

data pengguna marketplace
Terlihat bahwa pengguna salah satu toko online yaitu Tokopedia memiliki 157,2 juta pengguna tiap bulannya. Sangat fantastic, bukan? Meski begitu, jumlah ini diprediksi akan terus meningkat dan melonjak karena momen idul fitri yang datang sebentar lagi. 

Di hari raya umat muslim ini sudah menjadi tradisi dimana tiap-tiap orang maupun keluarga berbelanja berbagai kebutuhan seperti baju hingga jajanan lebaran. Maka dari itu, proses transaksi di marketplace pasti akan merangkak naik.

Nah, peristiwa ini dapat menjadi peluang yang luar biasa bagi seluruh pelaku usaha karena dapat mendongkrak penjualan. Untuk memaksimalkan kesempatan ini, Anda bisa menerapkan beberapa digital marketing seperti yang akan dibahas berikut ini.

Kelola Marketplace

Strategi untuk meningkatkan check out yang pertama adalah kelola marketplace dengan memperhatikan aspek-aspek penting di dalamnya. 

Aspek penting yang pertama adalah katalog produk. Anda harus menciptakan katalog produk yang cantik, rapi dan informatif. Hal ini akan mengusir keraguan yang mungkin ada di calon pembeli mengenai ukuran, warna ataupun wujud asli dari produk tersebut.

Selanjutnya, dibutuhkan riset akan kisaran harga yang ditawarkan kompetitor agar Anda dapat menjual produk secara kompetitif. Tidak terlalu mahal maupun terlalu murah. Anda juga bisa menggunakan trik coret harga untuk memikat hati pengunjung. 

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengatur nama produk yang SEO friendly agar mudah ditemukan oleh calon pembeli. Cara mengoptimalkan marketplace ini wajib Anda jalankan jika ingin menarik pelanggan yang sesuai pasar Anda.

Lantas bagaimana caranya?

Caranya mudah sekali, yakni Anda hanya perlu mencari kata kunci dari produk yang ada. Contohnya jika Anda menjalankan bisnis di bidang kuliner, maka Anda bisa menggunakan kombinasi kata seperti “makanan ringan murah”, “snack murah enak” dan sebagainya.

IKOM

Cara mengoptimalkan marketplace lainnya adalah dengan menggunakan jasa Iklan Kolaboratif Marketplace. IKOM ini adalah iklan yang dijalankan di platform sosmed dan diarahkan ke marketplace. Dengan begitu, jangkauan toko online Anda dapat diperluas sehingga mendatangkan calon pembeli yang potensial.

Iklan marketplace bisa dibilang lebih unggul daripada iklan sosmed regular karena mampu mempersonalisasikan iklan kepada pengguna yang pernah berinteraksi dengan produk Anda.

Analisis dan data yang dihasilkan dari IKOM juga lebih detail dan terperinci sehingga memudahkan proses tracking dan evaluasi.

Itulah cara meningkatkan penjualan di shopee/marketplace yang bisa Anda coba. Kedua strategi tersebut pada dasarnya saling berkesinambungan sehingga menjadi pilihan yang sempurna untuk dijalankan bebarengan. 

Perlu Anda ketahui pula, IKOM nyatanya lebih efektif dibanding iklan yang tayang di marketplacenya secara langsung. Pasalnya, calon pembeli pastinya tidak setiap saat berada di platform marketplace melainkan lebih banyak menghabiskan waktu di sosial media.  

Akan tetapi, sayangnya untuk menjalankan iklan marketplace dibutuhkan usaha yang lebih karena perlu mengatur banyak hal seperti katalog produk, pengajuan proposal kepada marketplace tujuan hingga membuat akun iklan khusus.

Melihat hal di atas, alangkah lebih baiknya jika Anda bekerja sama dengan digital agency seperti Herco Digital yang sudah ahli dan berpengalaman. Herco Digital menyediakan layanan IKOM dan kelola marketplace yang hasilnya sudah banyak terbukti. Salah satunya terlihat di iklan Rabbani yang jalan pada Harbolnas berhasil meraih lebih dari 2500 kunjungan toko dalam kurun waktu 15 hari saja.

Jadi, sudah jelas bukan jika bermitra dengan Herco Digital adalah pilihan yang cerdas? Yuk, segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *