Artikel, Blog

Apa Itu Software CRM? Apakah Ada Keuntungannya Untuk Bisnis?

Software CRM

Jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis, mungkin sudah tak asing lagi jika mendengar istilah CRM ini. Namun, untuk pebisnis pemula ataupun pelaku bisnis yang belum menerapkan atau bahkan belum mengetahui sama sekali tentang CRM ini padahal dengan menerapkan ini, bisnis yang dijalani akan menjadi sebuah usaha yang sukses dan lancar.

Jadi, Apa itu CRM?

CRM merupakan singkatan dari Costumer Relationship Management yang merupakan sebuah strategi bisnis yang dibuat demi meningkatkan baiknya layanan kepada customer, meningkatkan kepuasan terhadap setiap pelanggan serta guna mendapatkan pelanggan yang baru dan tentunya dengan tujuan akhir mendapatkan keuntungan.

Kenapa CRM?

Mungkin di benak Anda akan muncul pertanyaan semacam itu.

CRM menjadi suatu metode agar perusahaan dapat terhubung dengan para pelanggan, sehingga perusahaan dapat memberikan layanan yang terbaik. Perusahaan yang menerapkan CRM dengan benar dan berhasil, maka tentu saja akan memberikan peningkatan dalam penjualan dan keuntungan perusahaan.

CRM itu sebenarnya terdiri dari beberapa gabungan yaitu dengan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan dalam sebuah perusahaan menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

Pada saat ini, implementasi CRM sudah hampir selalu memakai teknologi informasi guna menarik para calon pelanggan baru yang menguntungkan, hingga mereka memiliki keterikatan pada perusahaan.

CRM menjadi suatu hal yang semakin lama semakin dirasakan penting bagi semua bisnis yang tersedia pada saat ini, di zaman sekarang ini dimana persaingan yang semakin ketat. Pelayanan terhadap perusahaan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya keinginan dan harapan dari pelanggan terhadap produk, jasa dan perusahaan.

Keuntungan menggunakan CRM adalah :

  • Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Dengan software CRM memungkinkan bagi perusahaan untuk menggunakan semua informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber dengan pelanggan seperti melalui call center, web, layanan di lapangan, dan staf pemasaran.

Penerimaan informasi yang konsisten ini memungkinkan pelayanan serta penjualan yang lebih baik berkat berbagai macam informasi penting tentang para pelanggan tersebut.

  • Mengurangi biaya

CRM yang dituangkan dalam sebuah skema program pemasaran yang terfokus serta spesifik memungkinkan perusahaan memakai biaya yang lebih murah dalam pelayanan serta penjualan yang tertuju ke pelanggan yang tepat dalam waktu yang tepat juga.

  • Kegiatan operasional semakin efisien

Semakin berkurang beban arus kas dan resiko turunnya kualitas pelayanan ke pelanggan berkat otomasi proses layanan dan penjualan.

  • Time to market meningkat

Berkat aplikasi CRM yang memungkinkan terkumpulnya data trend pembelian dan informasi dari pelanggan akan mempercepat produk masuk ke pasar.

  • Pendapatan meningkat

Informasi yang didapat dari aplikasi CRM dapat meningkatkan keuntungan serta pendapatan perusahaan.

Kemudian, apa saja software CRM yang bisa Anda gunakan di perusahaan Anda? Kami akan coba memberi informasi yang kami tahu mengenai software CRM yang beredar di pasaran.

Vtiger

Vtiger adalah salah satu software CRM terpopuler yang berguna untuk membantu sebuah perusahaan untuk mengorganisir, selain itu juga dapat memelihara informasi secara efisien di dalam segala aspek yang berkaitan dengan customer. Fitur – fitur inti yang tersedia di dalam Vtiger antara lain:

  1. Customer Relationship Management: fitur ini berguna untuk membantu mengatur semua data-data yang dimiliki oleh customer, dari Accounts, Contact sampai Prospect atas customer yang bersangkutan.
  2. Sales Force Automation: fitur ini berguna untuk melakukan penjualan produk dan billing atas keinginan setiap customer. Yang tersedianya menu Quotation, Sales Order hingga Invoice.
  3. Customer Service Tracking: fitur customer service tracking ini berguna untuk menampilkan layanan purna jual di dalam sebuah perusahaan. Yang terdiri dari complaint maupun service produk. Bisa ditelusuri juga sudah sampai sejauh manakah setiap service customer yang bersangkutan.
  4. News Service: fitur ini merupakan semacam memo atau notes yang akan membantu kita mengingatkan dengan hal-hal kecil yang mudah untuk dilupakan.
  5. Corporate Calendar: fitur ini berguna untuk mencatat semua event / kalender yang penting bagi aktifitas perusahaan. Di menu ini akan muncul semua jadwal atau agenda kerja.
  6. Analytical Reports: fitur analytical reports ini memiliki fungsi yang berguna untuk menyediakan berbagai laporan yang telah teranalisis dengan baik oleh sistem.
  7. Material Management: Berisi fitur mengenai management produk di dalam perusahaan. Baik dari segi produk hingga penambahan dari segi pembelian dan pengurangan produk dari segi Penjualan.
  8. Synchronization: Fitur Synchronization bertujuan untuk menyikronisasi antara Vtiger dengan aplikasi email, seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.

SugarCRM

SugarCRM adalah software CRM yang diketahui merupakan software terbaik di lingkungan Open Source. Dikarenakan dapat digunakan oleh berbagai perusahaan, yang dimulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Software SugarCRM ini pun juga bisa dengan mudah dalam beradaptasi di beragam lingkungan bisnis dengan menawarkan berbagai fleksibilitas pula, juga alternatif biaya yang murah, hingga ke solusi berbayar.

Dalam pengembangannya, SugarCRM melibatkan banyak narasumber. Yang dimulai dari operator aplikasi CRM, para pelanggan, pengembang, hingga para ahli.

Mengimplementasikan CRM bukan sekedar terbatas di instalasi dimana anda tinggal pakai saja. Anda pun juga perlu berupaya untuk kelanjutan dalam membangun sebuah statistik customer yang tentunya akan dimulai dari nol, hingga ke titik dimana Anda dapat memanfaatkan data-datanya untuk mengatur strategi marketing anda.

Zoho

Software CRM yang terakhir ialah Zoho. Software yang satu ini menawarkan manajemen campaign, email marketing, dan lead generation melalui berbagai sumber, seperti website, import data lead dan yang lainnya.

Yang terutama software CRM Zoho ini sangat berguna untuk mengintegrasikan organisasi penjualan Anda dan kegiatan pemasaran.

Dengan software CRM Zoho, Anda dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email campaign, hingga Anda pun bisa melacak pengeluaran marketing.

Selain itu, Zoho juga telah menyediakan campaign manajemen yang terpadu tersedia dengan penggantian tenaga penjualan secara otomatis yang pastinya akan membantu organisasi Anda dalam mengukur kinerja, laba atas investasi (ROI) dan efektivitas campaign.

Salesforce

Software CMR yang berikutnya adalah Salesforce yang menyediakan segala kebutuhan guna mengelola penjualan dan layanan (bagi semua bisnis). Software yang satu ini sudah terintegrasi dengan sistem Cloud, dengan memiliki beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya seperti:

  1. Sales Cloud: fitur yang berguna untuk memaksimalkan penjualan, dan meningkatkan pendapatan, produktivitas serta visibilitas di dalam sebuah bisnis.
  2. Services Cloud: fitur Services Cloud ini merupakan transformasi layanan pelanggan dan tentunya menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.
  3. Marketing Cloud: fitur yang memantau dan berpartisipasi di dalam jejaring sosial.
  4. Salesforce Platform and AppExchange: fitur Salesforce Platform and AppExchange ini yang membuat aplikasi sosial menjadi inovatif, mobile dan juga real-time pada platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
  5. Salesforce Chatter: fitur yang dapat membuat proses bisnis dalam hal sosial. Berkolaborasi secara real time dari mana saja.

Itulah ulasan singkat tentang software CRM yang bisa sangat membantu bisnis yang sedang Anda bangun. Jadi segeralah menggunakan software CRM karena menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat.