Artikel, Blog

Anda Punya Aplikasi? Begini Cara Memasarkannya Secara Gratis

cara memasarkan aplikasi

Apps marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang tak ubahnya seperti medan perang yang sedang panas dan paling diperebutkan di era pemasaran sekarang ini. Dengan banyaknya aplikasi saat ini, bagaimana Anda akan bertahan dengan ketatnya persaingan seperti itu? Atau bagaimana Anda dapat membuat aplikasi Anda terlihat lebih unggul di dalam marketplace yang sudah sangat padat dan menduduki tingkat teratas pada hasil pencarian?

Setelah Anda menciptakan sebuah aplikasi, bukan berarti pekerjaan Anda telah selesai. Justru itu adalah awal dari pekerjaan lain. Tugas selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasarkannya. Tidak usah bingung untuk memulainya dari mana, kami telah menyediakan panduannya untuk Anda. Ikuti tahapan pemasaran berikut ini:

App Store Optimization

Atau yang disingkat dengan ASO adalah langkah pertama dalam mempromosikan aplikasi Anda. Proses ini mungkin mirip dengan SEO. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah:

  • Menentukan keyword yang tepat
  • Menggunakan keyword sebagai judul pada aplikasi Anda
  • Membuat deskripsi yang menarik dan rangkuman yang menjelaskan kemampuan aplikasi Anda
  • Memasukkan serangkaian detail tampilan screenshots sehingga pengguna potensial dalam memahami dengan benar fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Anda.

Proses ASO ini harus Anda terapkan pada Google Play dan Apple’s App Store.

Mendapatkan Banyak Ulasan

Gunakan ulasan atau review untuk meningkatkan nilai dan mendorong banyak orang untuk mengunduh aplikasi Anda. Gunakan sudut pandang pengguna aplikasi yang hendak mengunduh sebuah aplikasi baru, pastinya Anda akan unduh aplikasi dengan ulasan yang baik dan mendapat 3 atau 4 bintang. Semakin banyak ulasan positif yang Anda dapatkan, pengguna tidak akan ragu lagi untuk me-tap “Install” di perangkat mereka. Jika aplikasi Anda tidak mendapatkan respon, kami menyarankan Anda menanyakan atau memintanya pada pengguna.

Sedangkan apabila aplikasi Anda hanya mendapatkan rating 1 bintang, pengguna akan membutuhkan waktu yang lama untuk mempertimbangkan atau bahkan ragu untuk mengunduh aplikasi Anda. Tentu saja sangat kontras terlihat dengan aplikais yang mendapatkan rating 5 bintang, akan semakin mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengunduhnya.

 

Fakta yang lebih kejam mengatakan jika Anda memiliki ranking rendah dengan ulasan yang sedikit atau bahkan terdapat ulasan negatif, tidak akan ada yang bersedia mengunduh aplikais Anda. Pastikan Anda menyediakan notifikasi untuk pengguna aplikasi Anda, mintalah ulasan dan ranking ketika mereka sedang menggunakan aplikasi Anda.

Membuat Landing Page untuk Aplikasi

Cara Memasarkannya Aplikasi, Anda Punya Aplikasi? Begini Cara Memasarkannya Secara Gratis

Beberapa aplikasi mobile terbaik biasanya menampilkan gambar smartphone dengan screenshot tampilan aplikasi mereka ketika digunakan. Hal semacam ini seperti ingin menyampaikan pesan keunggulan aplikasi secara visual, seperti mengatakan “inilah aplikasinya” dan “seperti inilah tampilan aplikasi ini”. Jika Anda berencana membuat landing page untuk aplikasi Anda, kami menyarankan Anda melakukan hal yang sama, yaitu memasukkan gambar smartphone dan screenshot aplikasi Anda.

Menempatkan Link Download di Website Anda

Cara Memasarkannya Aplikasi, Anda Punya Aplikasi? Begini Cara Memasarkannya Secara Gratis

Anda dapat memanfaatkan trafik website Anda dengan hanya menambahkan link download aplikasi Anda ke situs web Anda. Ruang yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan posisi link download adalah tepat di samping link media sosial Anda.

Mendapatkan Publikasi Teknologi

Publikasi press yang positif adalah batu loncatan bagi perusahaan start up untuk meningkatkan awareness khalayak. Bayangkan apabila aplikasi Anda disebutkan pada portal berita nasional seperti Oketekno.com atau Download.id. Untuk mendapatkan publikasi tekno, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Riset publikasi tekno dari media yang memiliki keterkaitan dengan niche Anda
  2. Kembangkan sebuah presentasi untuk artikel yang akan menjelaskan tentang keunggulan aplikasi Anda dan pastikan presentasi tersebut layak untuk dipublikasikan
  3. Menghubungi editor media massa

Anda tahu, sebagian besar editor media massa pasti sibuk dengan pekerjaan mereka, jadi mungkin ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan respon dari pihak media. Jangan memaksa jika Anda tidak mendapatkan respon yang cepat dari mereka.

Bekerjasama dengan Blogger Terkenal

Jika Anda berhasil mendapatkan artikel tentang aplikasi Anda yang ditulis oleh tokoh profesional atau seorang blogger terkenal, dampaknya akan hampir sama dengan publikasi tekno. Tetapi cara ini lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Kuncinya adalah dengan riset dan menemukan blog yang berkaitan dengan niche aplikasi Anda dan blog tersebut memiliki khalayak yang mungkin tertarik menggunakan aplikasi Anda.

Promosi di Media Sosial

Pada tahapan ini, dengan mudah Anda dapat mempromosikan aplikasi Anda melalui media sosial, atau memposting link ke artikel yang menjelaskan aplikasi Anda. Jika khalayak Anda belum begitu banyak untuk membantu mempromosikan aplikasi Anda, kami menyarankan untuk menjalin kerjasama dengan akun media sosial yang memiliki followers banyak.