Artikel

5 Referensi Buku Pemasaran Terbaik untuk Bisnis Startup

bisnis startup

Pemasaran, merupakan hal yang paling rumit namun penting untuk dipahami bagi sebagian besar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang masih memiliki label ‘start-up’, karena mereka masih belum memiliki konusmen yang tetap dan komunitas pendukung di sekitar mereka. Dengan pemasaran, perusahaan akan terhubung langsung dengan konsumen dan mewujudkan pertukaran potensial dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, keberhasilan pemasaran adalah kunci utama yang harus dimiliki sebuah bisnis untuk bisa sukses. Dan dalam artikel ini akan membahas mengenai buku pemasaran terbaik yang bisa menjadi referensi Anda untuk mengembangkan bisnis start-up atau mikro yang Anda miliki

1. Guerilla Marketing

Buku ini ditulis oleh Jay Conrad Levinson, yang membahas mengenai taktik pemasaran yang dinamis untuk mengembangkan bisnis secara lengkap atau fokus pada bagian-bagian pemasaran tertentu. Dari penelitian hingga eksekusi dan ekspansi strategi pemasaran, Anda akan mendapatkan 30 rencana berupa metode, ide, dan gagasan pemasaran yang mengacu pada waktu, energi, dan imajinasi, bukan pada biaya pemasaran yang besar.

2. Crossing The Chasm

Buku ini ditulis oleh Geoffrey A. Moore, yang berbicara tentang cara terbaik untuk membuat perencanaan baru untuk pemasaran untuk bisnis baru dan kecil. Sementara di dalam bukunya, Geoffrey Morey berfokus pada kemajuan teknologi sehingga apa yang ia jelaskan dalam buku ini dapat diterapkan di setiap industri dan bisnis pada keadaan yang sekarang ini.

3. Traction

Yang ditulis oleh Gabriel Weinberg dan Justin Mares, yang berisi tentang cara memanfaatkan channel, seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social & Display Ads, Offline Ads, Content Marketing, Email Marketing, Viral Marketing, dan lain-lain, secara detail dan menarik dengan tujuan untuk mendapatkan traction yang tinggi.

4. Growth Hacker Marketing

Oleh Ryan Holiday, yang menjelaskan tentang cara baru yang dapat digunakan untuk memanfaatkan data-data dan metrik sebagai acuannya. Di dalam buku ini, akan diajarkan cara untuk membuat sebuah growth hack agar startup dapat menjadi viral. Buku ini banyak membahas mengenai hal yang bersifat teknis untuk bisa menjadi viral.

5. The Best Damn Web Marketing Checklist, Period!

Buku ini ditulis oleh Stoney deGeyter, yang berisi saran-saran yang bersifat praktis dengan susunan checklist. Ia berpendapat bahwa web marketing berbicara tentang inci, dimana kemungkinan besar pemasar akan melewatkan sesuatu jika mereka tidak teliti dengan digital marketing yang telah dibuat, sehingga di dalam buku ini seperti sebagai pengingat dan saran agar bisnis start-up dapat tumbuh melalui media online.