Artikel

Tips Promosi Penjualan Di Akhir Tahun

tips promosi penjualan

Bagi pekerja salesperson dan para marketer, musim liburan akhir tahun dapat menjadi musim yang paling ‘subur’ dan menjanjikan. Karena, beruntung tidaknya seorang marketer di musim liburan seperti akhir tahun ini akan bertumpu pada pelbagai strategi marketing dan promosi yang layak dengan perayaan yang tengah berlangsung.

Untuk memperingati akhir tahun yang sedang berlangsung hingga awal tahun depan, ada baiknya Anda coba melakukan penyesuaian bagi strategi marketing Anda setiap kali penghujung tahun tiba. Nah, di bawah ini kami akan beri beberapa tips promosi penjualan yang mungkin bisa berguna untuk Anda.

Tips Promosi untuk Tingkatkan Jumlah Penjualan

Promosi yang efektif adalah kunci untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan, terutama menjelang momen-momen spesial seperti akhir tahun. Strategi promosi yang tepat tidak hanya mendongkrak angka penjualan tetapi juga memperkuat hubungan dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Tawarkan Diskon Spesial

Akhir tahun identik dengan banyaknya diskon dan potongan harga spesial dengan promo yang unik. Sediakan juga berbagai promo gift atau hadiah khusus akhir tahun, secara khusus bagi barang-barang atau jasa yang paling banyak mereka beli atau pakai. Pemberian diskon spesial ini juga dapat menjadi jembatan Anda untuk menyatakan selamat Natal dan Tahun Baru sekalipun. Apapun itu, koneksikan promosi dengan occasion atau peristiwa yang tengah berlangsung.

2. Tawarkan Sertifikat Gift atau Hadiah

Sekiranya Anda adalah marketer dari brand yang menawarkan jasa, pemberian sertifikat hadiah bisa jadi penawaran terbaik selama akhir tahun. Berikan sertifikat atau semacam kupon yang dapat ditebus oleh pelanggan Anda sehingga mereka merasa mendapatkan perlakuan spesial dari Anda. Kemungkinan mereka akan memakai sertifikat promo tersebut kian membesar di musim liburan, yang berarti makin membesar juga penjualan yang Anda dapatkan.

3. Pakai Peluang untuk  Cross-selling

Tawarkan produk dan jasa yang mungkin didapat sekaligus dalam bentuk paket. Tawarkan produk yang seandainya pas dengan barang atau jasa yang mereka berharap dapatkan. Cross-selling dapat juga dijalankan dengan pemberian gift certificate atau sertifikat hadiah dengan menawarkan harga yang lebih murah dengan tambahan jumlah barang atau jasa yang ditebus oleh pelanggan Anda.

4. Kirimkan Hadiah untuk Pelanggan Saat Momen Tertentu

Ide-ide baru memberikan hadiah akhir tahun, hadiah Natal maupun libur lainnya yaitu salah satu sistem melakukan penjualan yang tepat sasaran di musim liburan atau pada peristiwa-peristiwa spesial. Tawarkan pandangan baru ini lewat media yang telah mereka subscribe sebelumnya agar Anda benar-benar menawarkan ke orang yang memang berharap mendapatkan info dari bisnis Anda. Berikan headlines yang menarik di title e-mail, seperti Tutorial Hadiah Hari Natal dan lainnya.

5. Tawarkan Jasa Antar Gratis

Umumnya, bisnis online yang menjual barang-barang akan dikenakan ongkos kirim. Tawarkan promo bebas ongkos kirim di musim liburan untuk membikin pelanggan Anda merasa hanya ada peluang terbatas selama liburan untuk berbelanja. Tawarkan juga bonus khusus seperti gratis buket bunga atau gratis cokelat pada pelanggan yang berbelanja. Tambahan ini akan membikin pelanggan merasa spesial dan tak berharap ketinggalan.

6. Kirim Kartu atau Hadiah Kecil untuk Klien 

Dengan memberikan hadiah spesial ke klien di masa lalu atau klien yang kini sedang berprofesi sama, klien akan merasa diingat dan itu sistem yang baik untuk konsisten menjalin komunikasi. Harapannya yaitu untuk membikin mereka ingat akan brand Anda dan berharap kembali memakai produk atau jasa Anda, tetapi tanpa menawarkan barang atau jasa apapun.

Sebelum liburan ini habis, coba praktekkan tips promosi penjualan di atas!