Bisnis Online

Promosi Hemat dan Tepat Sasaran

promosi hemat dan tepat sasaran

Dalam menjalankan sebuah usaha, kita sangat membutuhkan yang namanya pelanggan. Pelanggan adalah pembeli yang dapat meningkatkan angka penjualan kita. Untuk itu, kita pasti butuh pelanggan sebanyak-banyaknya agar produksi kita dapat meningkat. Langkah yang dapat kita lakukan untuk memikat hati pelanggan tersebut, dengan memperhatikan gaya bahasa kita dalam menyampaikan sebuah produk yang kita jual. Gaya bahasa yang menarik akan mempengaruhi minat para konsumen. Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana cara promosi yang baik.

Sebelumnya, kita harus tahu apasih promosi itu? Mungkin dari kita sering mendengar istilah promosi. Promosi itu nama lain dari pemasaran. Hanya saja yang sering di pakai di kalangan masyarakat adalah kata promosi.
Promosi (pemasaran) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengaharapkan kenaikannya angka penjualan. Hal tersebut dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia.
Salah satu bentuk promosi adalah dengan menggunakan iklan. Iklan ialah cara paling melekat yang di gunakan produsen kepada konsumen untuk mengenalkan sebuah produk.

Dengan adanya iklan ini kita akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya :

1. Menyebarkan informasi produk kita kepada target pasar potensial.

Agar sebuah produk yang kita produksi dapat dikenal dikalangan masyarakat salah satu hal yang kita lakukan adalah dengan menyebarkan informasi. Baik informasi yang di sampaikan melalui tulisan ataupun dari lisan ke lisan. Jika produk kita sudah banyak di kenal dikalangan masyarakat maka akan mudah bagi kita untuk menembus pasar internasioanal.

2. Untuk menaikkan penjualan serta profit atau laba.

Jika produk yang kita produksi sudah dikenal oleh kalangan masyarakat maka hal tersebut akan mempengaruhi banyaknya produksi kita, semakin banyak produksi maka semakin banyak pula perolehan keuntungan kita.

3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetian pelanggan kita.

Dalam memproduksi sebuah produk sebaiknya kita menyeimbangkan antara harga dan kualitas karena aspek yang sangat mempengaruhi pasar adalah harga dan kualitas. Untuk menjaga kesetiaan dengan pelanggan maka sebaiknya kita mempertimbangkan hal tersebut. Jika pelanggan yang kita miliki sudah merasa puas maka akan mudah bagi kita untuk mendapatkan sebuah pelanggan baru.

4. Membentuk citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Sebuah kritik dan saran dari konsumen pada kita sebaiknya kita pertimbangkan karena hal tersebut masukan bagi kita untuk memperbaiki produksi kita selanjutnya. Sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan produsen.

5. Menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi penurunan harga pasar

Maka dari itu dalam membuat promosi kita harus merangkai kata-kata yang dapat mengangkat pencitraan penjualan produksi kita karena dengan menggunakan bahasa yang kreatif dapat menarik hati pelanggan.