Artikel

Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner (Food & Beverages)

digital marketing untuk bisnis kuliner

Selain Fashion dan Accessories, ternyata bisnis kuliner (Food & Beverages) juga memiliki prospek yang bagus untuk dipasarkan secara online. Sayangnya, saat ini masih banyak pelaku usaha yang belum memahami betapa pentingnya digital marketing untuk bisnis kuliner.

Padahal, digital marketing sangat dibutuhkan terutama untuk membentuk impresi sebuah produk, loh! Di era yang serba online ini, impresi dapat dibentuk bahkan sebelum seseorang melihat atau mencoba suatu produk secara langsung.

Biasanya, audiens akan mencari tahu mengenai informasi produk yang mereka butuhkan melalui internet dan platform social media. Hal tersebut juga berlaku pada produk atau bisnis kuliner.

Menurut katadata.co.id, makanan masuk ke urutan 4 sebagai kategori produk yang paling sering dibeli atau dikonsumsi, khususnya oleh perempuan. Melalui data tersebut, maka bisnis kuliner dianggap cocok untuk dipasarkan melalui digital marketing.

digital marketing untuk bisnis kuliner, Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner (Food & Beverages)

Nah, karena saat ini hampir semua orang sudah merambah ke media online, mengapa Anda tidak ikut melakukannya juga? Pemasaran yang dilakukan melalui media online, justru dinilai lebih menguntungkan dibanding pemasaran secara konvensional.

Mengapa demikian?

Karena, jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, ternyata biaya untuk menjalankan digital marketing lebih ramah di kantong loh! Selain itu, Anda juga bisa memilih platform iklan yang akan digunakan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Tidak perlu pusing lagi, Anda cukup menyiapkan sejumlah uang, pilih target, dan kemudian menunggu hasil yang akan didapat. Nantinya, Anda akan mendapatkan hasil yang setara dengan biaya yang Anda keluarkan.

Dalam menjalankan digital marketing untuk bisnis kuliner, ternyata juga terdapat strategi tersendiri loh! Anda tidak bisa melakukannya sembarangan, apalagi tanpa adanya perencanaan yang matang dan struktur yang jelas.

Maka dari itu sebelum menerapkan optimasi digital marketing, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pahami, seperti:

  • Memahami karakter audiens/target market Anda, terutama saat di social media

Dengan memahami karakter audiens Anda, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui selera serta minat mereka. Selain itu, Anda juga dapat mengumpulkan data target market Anda lebih mudah melalui social media yang mereka gunakan.

  • Pahami dan tonjolkan USP produk Anda

USP atau Unique Selling Propodition merupakan ciri khas sebuah produk, yang membuat produk tersebut berbeda dari produk lain. Dengan menonjolkan USP, tentunya membuat produk Anda memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri, sehingga memudahkan audiens dalam mengingat produk tersebut.

  • Tentukan channel dan tujuan yang jelas dari penerapan masing-masing strategi 

Setelah menemukan strategi digital marketing yang paling tepat untuk bisnis kuliner Anda,  tentukanlah channel dan target yang ingin dicapai. Misal, apabila Anda melakukan iklan melalui Instagram, buatlah target followers baru yang harus didapat selama 30 hari beriklan.

Dengan begitu, angka pemasaran yang Anda lakukan akan lebih terukur.

  • Lakukan evaluasi secara rutin

Selain melakukan beberapa hal di atas, melakukan evaluasi secara rutin sangat harus dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif strategi digital marketing yang Anda gunakan untuk bisnis kuliner Anda.

Rekomendasi Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

  • Social Media Activation & Management

Saat menerapkan strategi pemasaran digital, mengaktifkan social media adalah salah satu hal yang sangat wajib dilakukan. Karena sebagian besar target market Anda, berada di platform tersebut. 

Dalam menjalankan social media activation & management, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus bisa memanage social media bisnis Anda sebaik mungkin. 

Mulailah dengan merapikan feed Instagram, konsisten dalam memposting konten berkualitas seperti bagaimana tips memilih makanan sehat, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan link pada bio, highlights, hingga IG shop untuk menjaring lebih banyak pelanggan..  

  • Social Media Ads

Produk kuliner, merupakan kategori produk yang impulsif. Calon pelanggan yang menjadi target market, harus dipikat terlebih dahulu agar tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Menggunakan cara ini, dipercaya efektif untuk membantu meningkatkan orderan online maupun offline Anda karena iklan yang ditargetkan lebih spesifik. Maka dari itu, pemilik bisnis harus bisa menjalankan social media Ads agar jangkauan audiens yang didapat semakin luas.

  • E-commerce Activation & Optimization

Produk instan dinilai memiliki peluang yang baik untuk dijual secara online di e-commerce. Selain itu, konsumen juga menyukai belanja online melalui e-commerce karena dianggap lebih praktis dan banyak promo yang ditawarkan.

Agar produk Anda lebih mudah ditemukan oleh konsumen, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuka toko online bukan? Jangan lupa untuk menyertakan data seperti deskripsi serta foto produk dengan jelas, supaya pelanggan semakin yakin dengan produk Anda.

Anda juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung, memberitahu halaman e-commerce, serta memudahkan pelanggan untuk berbelanja dengan menggunakan iklan kolaboratif marketplace

  • Optimasi SEO

Apakah Anda mengetahui bahwa SEO adalah hal wajib dalam digital marketing? Optimasi SEO, akan membuat website dan social media bisnis kuliner Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google.

Prinsip kerja dari SEO sendiri, sebetulnya sangat sederhana. Orang-orang umumnya akan mencari informasi dengan kata kunci tertentu. 

Setelah itu, Google akan menelusuri hasil yang memuat kata kunci tersebut. Semakin tinggi rankingnya, maka Google akan menganggap bahwa hasil tersebut relevan dan berguna bagi user.

Anda juga bisa menerapkan strategi SEO dengan memanfatakan Google Bussines Profile, sehingga kesempatan Anda berada di halaman teratas Google semakin besar. Google Bussines Profile, akan memuat berbagai informasi penting seputar bisnis kuliner Anda.

Meskipun cara kerja dari SEO sangat sederhana, namun ternyata optimasi yang harus Anda lakukan juga tidak semudah itu loh. Anda tetap membutuhkan pihak yang berpengalaman dalam bidang tersebut, untuk membantu Anda dalam melakukan optimasi website.

  • Website

Menggunakan website, merupakan salah satu cara efektif untuk menghadirkan online presence dalam jangka panjang. Tek terkecuali untuk produk atau bisnis kuliner seperti restoran dan cafe.

Melalui website, Anda dapat menampilkan menu, suasana, dan cerita mengenai usaha yang Anda jalankan dengan cara elegan. Dengan cara ini, tentunya akan memperkuat branding bisnis kuliner Anda.  

Melalui artikel ini, tentunya Anda sudah mendapatkan alasan untuk menerapkan digital marketing bagi usaha Anda bukan? Beradaptasi dan berpartisipasilah dalam era digital, agar bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lain.

Melihat seberapa penting digital marketing untuk bisnis kuliner, tentunya tidak boleh dijalankan secara asal-asalan. Agar strategi pemasaran digital yang dijalankan lebih optimal, percayakan hal tersebut kepada pihak terpercaya.

Herco Digital Indonesia, dikenal telah berpengalaman dalam mengoptimalkan digital marketing untuk bisnis kuliner. Untuk meyakinkan Anda, simak salah satu cerita sukses klien kami di sini https://www.hercodigital.id/project/lidi-siumang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *