Artikel

Strategi Digital Marketing yang Cocok Dijalankan Saat Harbolnas

digital marketing untuk harbolnas

Belanja online kini telah menjadi kebiasaan baru di tengah kehidupan masyarakat. Apalagi saat mendekati akhir tahun seperti sekarang ini. Akan ada banyak diskon, promo serta event menarik seperti Harbolnas 11.11 dan 12.12 yang banyak dinantikan masyarakat.

Selain itu, event Harbolnas juga menjadi event yang banyak dinantikan dan diikuti oleh para pemilik usaha baik e-commerce, brand-brand besar hingga UMKM. Lalu sebenarnya apa sih itu event Harbolnas?

Mungkin masih ada beberapa orang yang masih asing dengan event yang satu ini. Event Harbolnas itu sendiri berasal dari singkatan “ Hari Belanja Online Nasional” yang puncaknya jatuh di setiap akhir tahun di tanggal 12 Desember atau yang lebih dikenal dengan 12.12.

Namun kini banyak e-commerce yang mengadakan event Harbolnas setiap bulan saat tanggal cantik seperti 9.9, 10.10 , dan sebagainya.

Sebagai pelaku usaha, Anda tentunya harus menyiapkan strategi pemasaran yang jitu untuk menyambut Harbolnas agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya. Salah satu cara yang patut dicoba adalah dengan menggunakan strategi digital marketing untuk Harbolnas.

Strategi Digital Marketing yang Pas untuk Harbolnas

Dalam menyambut event Harbolnas memang tidak bisa jika hanya menggunakan strategi biasa saja. Hal ini dikarenakan banyaknya kompetitor yang ikut bersaing dengan memberikan banyak promo dan penawaran menarik lainnya.

Untuk itu Anda memerlukan strategi digital marketing agar pelanggan lebih tertarik untuk berbelanja di toko Anda. Berikut strategi digital marketing yang cocok untuk menyambut Harbolnas:

1. Iklan Kolaboratif Marketplace

Cara pertama yang patut untuk dicoba adalah dengan menjalankan iklan kolaboratif marketplace. Lantas mengapa iklan kolaboratif marketplace ini cocok untuk menyambut Harbolnas?

Mungkin banyak dari kalian yang mempertanyakan hal ini. Dengan menjalankan iklan kolaboratif marketplace, Anda dapat menjangkau target audiens yang lebih luas sehingga memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Selain itu, iklan ini akan membantu Anda untuk memberitahu dan mengingatkan kembali orang-orang yang pernah membeli atau bahkan sekedar mengunjungi toko Anda di marketplace. Ketika audiens mengklik iklan tersebut maka secara langsung mereka akan diarahkan ke halaman produk yang ada di marketplace.

Iklan ini secara tidak langsung juga memudahkan audiens untuk check out barang yang mereka sukai dengan cepat dan anti ribet. Dari iklan kolaboratif marketplace, calon pelanggan potensial akan langsung diarahkan ke halaman produk yang mereka ingin beli di marketplace

2. TikTok Ads

TikTok merupakan salah satu media sosial yang memiliki begitu banyak pengguna. Uniknya, TikTok kini tidak hanya dijadikan sebagai platform hiburan saja namun menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang bahkan brand-brand besar mulai memasarkan produknya melalui TikTok. Selain karena pengguna TikTok yang banyak, platform ini juga menyediakan fitur-fitur menarik untuk seperti TikTok Live dan TikTok Shop untuk membantu perkembangan bisnis.

Namun untuk sukses berjualan di TikTok apalagi saat Harbolnas tentunya diperlukan strategi atau cara agar orang orang tertarik dengan produk yang Anda jual. Cara jitu yang bisa digunakan yaitu dengan menjalankan TikTok Ads.

Melalui TikTok Ads, Anda dapat mengarahkan para pengguna TikTok untuk join TikTok Live serta mengunjungi akun TikTok bisnis Anda. Setelah lama berinteraksi dan mengenal produk Anda maka besar kemungkinan mereka akan tertarik untuk membelinya.

3. KOL

Strategi digital marketing terakhir yang bisa Anda pertimbangkan untuk menyambut Harbolnas adalah bekerjasama dengan KOL (Key Opinion Leader). KOL yang memiliki banyak pengikut di media sosialnya memang dapat membantu Anda untuk menginformasikan promo Harbolnas dari toko Anda.

Luasnya jangkauan target audiens yang dapat dicapai karena KOL ini nantinya akan mampu mendatangkan pelanggan sehingga meningkatkan omset penjualan.

Namun perlu diingat bahwa Anda harus memilih KOL yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan karena KOL secara tidak langsung merepresentasikan produk Anda.
Itulah strategi digital marketing yang patut untuk Anda coba saat Harbolnas agar penjualan toko Anda semakin meningkat.

Jadi, bagaimana sudah siap menyambut Harbolnas?
Jangan sampai Anda sebagai pemilik usaha melewatkan kesempatan Harbolnas ini ya, karena momen ini bisa menjadi kesempatan besar untuk Anda mengembangkan usaha.

Untuk itu agar penjualan Anda semakin meningkat saat Harbolnas maka percayakan saja pada Herco Digital. Herco Digital akan dengan senang hati membantu Anda dalam mempersiapkan, merancang serta menjalankan campaign untuk mensukseskan promo Harbolnas Anda.

Tunggu apalagi? Konsultasikan strategi pemasaran Anda dalam menyambut Harbolnas bersama Herco Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *