Artikel, Blog, SEO, SEO Article

Ketahui Tool SEO Yang Digunakan Saat Optimasi

tool seo

Bagi anda yang ingin melakukan  SEO website atau online shop, maka ada banyak alat bantu atau tools yang bisa di gunakan untuk memudahkan proses SEO yang dilakukan, baik yang gratis ataupun  berbayar. Untuk anda yang belum mengetahui tools-tools apa saja yang harus digunakan pada saat optimasi SEO, berikut tool SEO yang digunakan saat optimasi :

  1. Google Analytics

, Ketahui Tool SEO Yang Digunakan Saat Optimasi

Tool gratis ini (ada yang versi berbayar juga untuk enterprise) sangat berguna untuk mengetahui data-data visitor website Anda, misal:

a. Jumlah page views

b. Jumlah new visitor

c. Jumlah returning visitor

d. Dari browser apa pengunjung website Anda berasal

e. Dari mana pengunjung website Anda berasal (dari Google, ketik langsung, atau dari referensi website lain)

f. Halaman apa yang dikunjungi dan berapa lama

g. Keyword yang mendatangkan visitor

h. Dan sebagainya.

2. Google Search Console (GSC)

, Ketahui Tool SEO Yang Digunakan Saat Optimasi

Dulunya bernama Google Webmaster Tool (GWT), tool gratis yang disediakan langsung oleh Google ini sangat penting dalam memeriksa “kesehatan” website Anda dan melakukan fungsi on-page SEO lainnya, misal:

a. Apakah ada malware

b. Apakah Google mengalami kendala dalam crawling dan index website Anda

c. Apakah ada pelanggaran aturan Google (penalty) saat melakukan link building

d. Hal-hal yang bisa disempurnakan dalam optimasi meta tag

e. Apakah sitemap sudah dipasang dengan benar atau masih ada error

f. Untuk menghilangkan website Anda dari hasil search Google

g. Untuk mengetahui website apa saja yang melakukan backlink ke website Anda

i. Dan sebagainya.

3. Cek Backlink Kompetitor

, Ketahui Tool SEO Yang Digunakan Saat Optimasi

Backlink, alias link yang mengarah ke sebuah website, memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam SEO. Jika sebuah website mendapatkan backlink dalam jumlah yang banyak, berkualitas, dan relevan, maka semakin besar potensinya untuk bertengger di halaman pertama  Google.

Artinya, jika kompetitor Anda memiliki posisi yang bagus di Google, bisa jadi dia memiliki banyak backlink dari website lain. Nah, logika sederhananya, jika kita bisa mengetahui dari mana saja backlink tersebut berasal, kita juga bisa mendapatkan backlink yang sama dengan kompetitor kita.