Artikel, Blog, Facebook Ads

Inilah 5 Mitos Facebook Ads yang Dianggap dapat Menurunkan Profit

Facebook Ads

Facebook ads adalah platform yang kuat dengan potensial yang sangat luar biasa. Facebook ads juga sangat kompleks dan dipenuhi oleh mitos-mitos dan banyak miskonsepsi. Facebook tidak memerlukan biaya apapun, tetapi juga tidak gratis. Mungkin telah banyak orang yang ahli dengan mesin pencari melihat profil Facebook Anda, mengumpulkan setiap detail informasi tentang kehidupan Anda, informasi tentang teman-teman dan keluarga Anda, dan menyimpan segala data yang dibutuhkan oleh pengiklan.

Dan tentu saja hal tersebut sudah seperti menjadi skenario yang dilakukan oleh para pemasar. Bayangkan jika Anda menargetkan orang-orang yang ingin Anda tuju. Tidak ada lagi pengeluaran yang sia-sia dalam membuat kampanye iklan. Platform Facebook ads tersedia untuk Anda dengan cara penargetan yang sederhana namun kuat dengan fitur-fitur yang kompleks. Untuk menggunakan dibutuhkan usaha yang cukup keras bagi segelintir pemasar hingga yang profesional sekalipun.

Bahkan mungkin konten yang sederhana lebih muncul ke permukaan dibandingkan konten dengan konsep yang matang. Dan disitulah awal banyak mitos mengenai Facebook ads menyebar. Menimbulkan perdebatan mengenai apa itu Facebook ads sebenernya dan yang tidak benar. Maka, kami akan menjelaskan pada Anda bagaimana melihat mempersepsikan mitos-mitos tersebut dan membuka rahasia kekuatan dari Facebook Advertising.

Mitos #1 – Terlalu Mahal!

Facebook Ads, Inilah 5 Mitos Facebook Ads yang Dianggap dapat Menurunkan Profit

Mungkin tidak masalah bagi Anda membeli sebuah Macbook terbaru demi pekerjaan. Tetapi bagaimana dengan membayar sejumlah kampanye iklan di media sosial (khususnya Facebook)? Kita pasti lebih berpikir menggunakan pilihan lain dari bentuk promosi yang gratis sebelum memahami lebih detail tentang periklanan berbayar.

Sebenarnya, budget minimal harian untuk beriklan di Facebook adalah $2 per hari. Atau 5$ untuk penawaran manual (manual bidding). Itu berarti budget yang diperlukan untuk beriklan di Facebook per bulannya adalah sekitar $60 – $150. Mungkin harga tersebut melebihi budget internet Anda.

Dengan budget minimal dari Facebook, mungkin saja kampanye iklan Anda tidak menghasilkan profit yang besar untuk bisnis Anda. Tetapi, seseorang dengan budget minimal dapat memperolah profil yang luar biasa. Biaya kampanye iklan Facebook Anda tergantung pada apa tujuan Anda menggunakan Facebook Ads. Dengan kata lain, Facebook tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang besar untuk iklan pertama Anda.

Mitos #2 – Bermanfaat Tetapi Tidak Berhasil di Bisnis Tertentu

Facebook Ads, Inilah 5 Mitos Facebook Ads yang Dianggap dapat Menurunkan Profit

Jika Facebook Ads tidak berhasil untuk bisnis Anda, kemungkinan penyebabnya adalah:

  • Hanya perusahaan B2C yang beriklan di Facebook
  • Hanya perusahaan media kreatif yang beriklan di Facebook
  • Hanya dimaksudkan untuk meningkatkan postingan, mengumpulkan likes, dan meningkatkan brand awareness
  • Produk Anda tidak digital
  • Anda tidak ingin mengganggu orang-orang ketika mereka sedang menggunakan Facebook
  • Dan lain-lain

Jika alasan-alasan di atas mencegah Anda untuk menggunakan Facebook Ads, mungkin karena Anda melihat ke belakang. Akun-akun Facebook beberapa ada yang akun palsu dan sebagian lainnya adalah akun asli. Akun asli adalah akun yang secara umum tertarik dengan banyak hal, termasuk bisnis Anda. Jutaan orang telah aktif menggunakan Facebook dalam keseharian mereka. Itu berarti, akun-akun potensial yang akan melihat bisnis Anda adalah ribuan, atau bahkan ratusan ribu setiap harinya.

Dengan kata lain, jika bisnis Anda menyediakan manfaat untuk target konsumen Anda. Facebook Ads akan menyediakan keuntungan untuk bisnis Anda. Baik itu adalah leads, subscribers, atau penjualan.

Mitos #3 – Facebook membutuhkan khalayak yang sangat besar

Facebook Ads, Inilah 5 Mitos Facebook Ads yang Dianggap dapat Menurunkan Profit

Jika Anda pernah mendengar berita bahwa Facebook hanya berhasil untuk mengumpulkan “likes”, itu berarti Anda telah mendengar sebuah miskonsepsi. Anda membutuhkan khalayak yang besar untuk hasil yang diharapkan dari Facebook advertising. Padahal jika Anda sudah menggunakan Facebook ads, itu berarti Anda sudah memiliki jangkauan potensial yang sangat besar.

Facebook dengan senang hati akan menyajikan iklan Anda pada ribuan hingga ratusan ribuan orang yang sedang aktif menggunakan Facebook. Apa yang perlu Anda lakukan adalah hanya memberitahu pada Facebook jenis target audiens yang Anda inginkan. Anda dapat membangun sebuah group target audiens Anda dengan cepat dan benar-benar memulainya dari nol. Anda perlu menentukan jenis target yang Anda inginkan dan Facebook akan melakukannya untuk Anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Temukan halaman-halaman yang terfokus pada ketertarikan yang Anda pilih menggunakan fungsi pencarian fungsi Facebook.
  • Temukan grup-grup yang relevan
  • Buat sebuah profil dengan jenis member yang tergabung dalam grup-grup tersebut
  • Gunakan profil tersebut untuk mendapatkan target audiens pertama Anda

Jika Anda sudah memiliki sebuah grup dengan pengikut yang terbentuk dari mailing list, Anda dapat mengembangkannya dengan cara:

Jika Anda tidak memiliki mailing list, tetapi ada sejumlah trafik website Anda, makan Anda dapat melakukan:

  • Install pelacakan Facebook pixel ke halaman Anda untuk mengidentifikasi dan merekam kegiatan audiens
  • Gunakan perekaman data dengan pixel untuk membuat Lookalike Audience

Dengan adanya daftar subscribers, akan lebih meringankan pekerjaan Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakan tools yang disediakan oleh Facebook untuk membangun audiens dari nol dan menjadi sukses.

Mitos #4 – Butuh Gambar dengan Kualitas Profesional

Facebook Ads, Inilah 5 Mitos Facebook Ads yang Dianggap dapat Menurunkan Profit

Facebook Ads Anda memang membutuhkan sebuah gambar yang menarik visual dan perhatian audiens. Jika Anda bukan seorang desainer atau fotografer profesional, Anda tidak perlu gelisah. Ada cara untuk membuat sesuatu dari dasar dengan mudah dan menghasilkan gambar yang terbaik:

  • Background polos dengan ikon di bagian atas
  • Stockphoto
  • Screenshot
  • Foto pemandangan

Jika Anda tidak memiliki ide mengenai gambar yang ingin Anda gunakan, Anda bisa mengakses situs berikut ini untuk gambar yang murah dan bahkan gratis:

Jika Anda ingin mengedit gambar dengan mudah dan cepat, gunakan situs ini:

Pada intinya, jangan terjebak dengan pencarian ide gambar yang mengharuskan untuk terlihat sempurna. Sepanjang Anda memiliki sebuah gambar yang baik untuk visual dan menarik perhatian, Anda tetap bisa menggunakannya untuk iklan Anda.

Mitos #5 – Facebook Ads Tidak Bisa Diterima dengan Baik Karena Itu Sangat Mengganggu

Facebook Ads, Inilah 5 Mitos Facebook Ads yang Dianggap dapat Menurunkan Profit

Iklan yang tidak relevan atau tidak tepat adalah iklan yang mengganggu. Jika Anda pernah merasa terganggu dengan iklan yang muncul di hadapan Anda, karena Anda merasa tidak membutuhkan produk yang mereka tawarkan, kecuali jika Anda menemukan iklan dengan penawaran yang menurut Anda itu akan memberikan manfaat dan sangat membantu memenuhi kebutuhan atau keinginan Anda, maka Anda akan menyukai iklan tersebut.

Tujuan utama Facebook adalah untuk selalu menarik dan menjaga agar penggunanya berada tetap pada platform. Agar pengguna tetep tinggal di platform, itu berarti penting bahwa melibatkan mereka dengan informasi-informasi yang relevan dan menghindarkan mereka dari informasi-informasi yang tidak bermanfaat.

Dengan kata lain, Facebook Ads dirancang untuk menunjukkan iklan-iklan relevan dan menjaga agar iklan yang tidak relevan berada di luar newsfeed Anda. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Facebook Ads tidak dimanfaatkan untuk bisnis, padahal itu efektif.