Artikel

Fitur Iklan Youtube Yang Mampu Tingkatkan Adsense

Fitur Iklan Youtube

Sudah bukan rahasia umum jika youtube banyak mencetak orang sukses, khususnya bagi pemilik video sekaligus penayang iklan adsense. Tahukah anda sebagai pemilik video, bahwa pihak adsense menyediakan jenis iklan youtube yang sangat menarik. Fitur iklan dari youtube adalah sebagai berikut.

  • Iklan bergambar – Muncul di sebelah kanan video unggulan dan di atas daftar saran video. Untuk pemutar yang lebih besar, iklan ini mungkin muncul di bawah pemutar
  • Iklan hamparan – Iklan hamparan semi transparan yang muncul di 20% bagian bawah video Anda.
  • Kartu bersponsor – Menampilkan konten yang mungkin relevan dengan video Anda, seperti produk yang ditampilkan di video.
  • Iklan video yang dapat dilompati – Iklan video yang dapat dilompati adalah iklan yang dapat diabaikan pemirsa setelah 5 detik, jika mau. Disisipkan sebelum, selama, atau setelah video utama.

Seperti yang diketahui diatas merupakan beberapa jenis iklan yang umum digunakan,. Ada satu lagi jenis iklan youtube yang tidak kalah menarik, yaitu iklan Non-Skippable atau iklan yang tidak dapat di lompati.

Jenis iklan youtube ini artinya Iklan dalam-aliran yang tidak dapat dilompati, untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Iklan video yang tidak dapat diabaikan harus ditonton sebelum video anda dapat ditonton.
  • Iklan video panjang yang tidak dapat diabaikan dapat berdurasi hingga 30 detik.
  • Iklan ini bisa muncul sebelum, selama, atau setelah video utama.

Lalu apa perbedaan dengan iklan pada umumnya?

  • Penonton memiliki opsi untuk menonton iklan lengkap atau melewati iklan setelah menontonnya selama 5 detik. Kedua format iklan dalam-aliran dapat menghasilkan BPS yang lebih tinggi dibandingkan format iklan lain di YouTube.
  • Iklan dalam aliran yang tidak dapat dilompati memiliki rasio pengabaian video yang lebih tinggi dibandingkan iklan TrueView dalam aliran yang dapat dilompati.

Jenis iklan Non-skippable in-stream ads dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan format iklan lainnya. Tetapi memiliki efek yang buruk jika penonton tidak menyukai halaman iklan sama sekali penonton bisa meninggalkan tayangan video anda, karena iklan ini akan berjalan hingga 30 detik.