Artikel, Instagram, Social Media

5 Persiapan Membuat Instagram Ads

persiapan membuat instagram Ads

Saat ini promosi secara online merupakan cara yang sangat efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli produk yang kita miliki. Mengingat saat ini hampir semua hal dapat dilakukan dengan hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet, sehingga kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak waktu mereka dengan bermain smartphone. Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan produk kita secara online, salah satunya adalah dengan membuat Instagram Ads.

Instagram Ads merupakan salah satu metode iklan berbayar yang memungkinkan anda dapat menjangkau pengguna Instagram dengan lebih tertarget. Dengan membuat iklan di Instagram, anda dapat menentukan dimana iklan anda akan ditampilkan sesuai dengan target pengguna yang anda tentukan, misalnya saja menyesuaikan dengan usia pengguna, lokasi pengguna, hobi atau kesenangan pengguna, dan lain sebagainya.

Instagram Ads, 5 Persiapan Membuat Instagram Ads

Dengan beriklan di Instagram, anda akan terbantu dalam mengetahui target pasar bisnis anda secara detail. Selain itu, anda juga dapat menjangkau lebih banyak pengguna karena iklan anda bukan hanya ditampilkan ke followers akun anda, tetapi juga pengguna – pengguna lainnya. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memulai iklan produk anda di Instagram, diantaranya :

  • Aplikasi Instagram
  • Instagram Partners
  • Ads Manager Facebook
  • Facebook Power Editor
  • Facebook Marketing API

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai persiapan yang perlu anda lakukan dalam membuat Instagram Ads melalui Facebook Ads. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan juga efektif dalam membuat Instagram Ads. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu anda lakukan untuk membuat Instagram Ads melalui Facebook :

1. Menentukan Tujuan Campaign

Sebuah campaign (kampanye) tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila anda tidak menentukan terlebih dahulu tujuan dilakukannya campaign ini. Oleh sebab itu, menentukan tujuan campaign merupakan persiapan pertama yang perlu anda lakukan. Selanjutnya, Facebook akan membantu anda menentukan format iklan, auto optimization, dan bidding option agar dapat sesuai dengan tujuan campaign anda. Berikut ini merupakan daftar campaign objectives Facebook Ads Manager yang dapat digunakan untuk Instagram Ads :

  • Traffic
  • Brand awareness
  • Local awareness
  • Video views
  • Engagement
  • Reach
  • Conversions
  • All installs
  • Lead generation
  • Store visits
  • Product catalog sales

2. Membuat Judul Untuk Campaign Anda

Persiapan selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat judul untuk campaign anda. Ketika anda akan memberi nama atau judul untuk campaign Instagram, jangan lupa juga untuk menambahkan perkiraan tanggal campaign akan berlangsung. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat merekam data dan kemudian mengelola data – data tersebut agar dapat diperbaiki di kemudian hari.

3. Mengatur Target Audiens

Untuk mengatur bagian ini anda dapat memilih untuk membuat target audiens baru atau menggunakan target audiens yang sudah ada sebelumnya. Anda tidak perlu terburu – buru dalam menentukan target audiens anda. Hal ini karena target audiens merupakan elemen penting dalam memasang sebuah iklan. Jadi, selain dapat menentukan efektivitas dari iklan yang akan anda lakukan, target audiens juga dapat berpengaruh pada biaya iklan yang harus anda keluarkan nantinya.

4. Mengatur Penempatan Iklan

Selanjutnya, anda perlu mengatur penempatan iklan anda. Anda dapat memilih untuk menempatkan iklan anda di Instagram. Selain itu, anda juga dapat memilih beberapa media untuk menempatkan iklan anda. Berikut ini beberapa penempatan iklan yang direkomendasikan :

  • Traffic (website clicks dan app engagement) -> Facebook dan Audience Network
  • Brand awareness -> Facebook dan Instagram
  • Video views -> Facebook, Audience Network, dan Instagram
  • Engagement -> Facebook dan Instagram
  • Conversions -> Facebook dan Audience Network
  • All installs -> Facebook, Audience Network, dan Instagram
  • Product catalog sales -> Facebook dan Audience Network

5. Menentukan Biaya

Persiapan penting yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mengatur dan menentukan biaya pengeluaran untuk iklan Instagram anda. Anda dapat memilih anggaran dana mulai dari Rp 10.000 per hari hingga Rp 10.000.000 per hari. Jumlah anggaran dana yang anda pilih dapat memengaruhi jumlah audience yang dapat melihat iklan anda. Misalnya saja anda memilih anggaran biaya Rp 50.000 per hari, maka total audience per hari yang dapat melihat iklan anda dapat mencapai 7.900 – 21.000 orang. Semakin tinggi anggaran biaya yang anda keluarkan, semakin banyak pula audiens yang dapat melihat iklan anda.